POPULAR STORIES

Pertama Di Indonesia, PO Borlindo Rilis Sleeper Bus Pakai Sasis Volvo B11R

Pertama di Indonesia, PO Borlindo Rilis Sleeper Bus Pakai Sasis Volvo B11R Sleeper bus terbaru PO Borlindo (dok/foto: Karoseri New Armada)

KabarOto - Inovasi dari dunia transportasi massal terus berkembang, permintaan pasar yang baik membuat Perusahaan Otobus (PO) Borlindo merilis 1 unit armada sleeper bus baru, dirakit oleh karoseri New Armada menggunakan sasis Volvo B11R.

TPO asal Sulawesi ini hadirkan sleeper bus di atas sasis tronton, inovasi ini menjadi yang pertama dalam dunia transportasi bus di Indonesia.

Menggunakan sasis dari Volvo B11R, armada anyar ini tampil dengan warna dan livery khas PO Borlindo, lalu yang menjadi pembeda adalah gambar grafiti 3 piston, tulisan Borlindo serta gambar mahkota di bodi kiri dan kanan bus.

Baca juga: Honda Gandeng Isuzu Jalankan Proyek Truk Hidrogen Giga Fuel Cell

Kabin sleeper us PO Borlindo. (dok/foto: Karoseri New Armada)

Sales konsultan karoseri New Armada, Nirbowo Herlambang mengatakan, sleeper bus PO Borlindo ini merupakan rebody yang sebelumnya menggunakan bodi double decker dari karoseri lain.

“Yang ini rebody ya, jadi sebelumnya sasis menggunakan double decker, dan sekarang kami ubah ke sleeper bus sesuai permintaan dari PO Borlindo yang mau menggunakan bodi Skylander R22 Aero 9 SLR,” kata Herlambang, Kamis (04/01/2024).

Menurut Herlambang, spesifikasi bus tersebut menggunakan kursi dengan konfigurasi 1 – 2 serta memiliki total kapsitas sebanyak 41 penumpang, kemudian untuk spesifikasi kursi masih sama dengan unit Aero 9 SLR lainnya.

Baca juga: Kaleidoskop Kendaraan Komersial, Bus Dan Truk Yang Meluncur Sepanjang Tahun 2023

Kisi - kisi ac dan port usb (dok/foto: Karoseri New Armada)

“Untuk kabinnya tanpa Audio Video On Demand (AVOD) dan toilet hanya ada port usb untuk mengisi daya ponsel penumpang, cup holder serta lampu yang terdapat di setiap kursi penumpang,” tambahnya.

Selain itu, kata Herlambang, penempatan kisi – kisi ac di dalam kabin yang berada di depan kepala penumpang, merupakan inovasi dari karoseri New Armada, sehingga terlihat berbeda dari karoseri lainnya, yang menempatkan louver ac di atas kepala penumpang.

“Kami buat kabinnya memang berbeda dari karoseri yang lain serta tetap menerapkan kenyamanan dan fungsionalnya sehingga penumpang juga nyaman saat berada di kursinya,” jelas Herlambang.