POPULAR STORIES

Kaleidoskop Kendaraan Komersial, Bus Dan Truk Yang Meluncur Sepanjang Tahun 2023

Kaleidoskop Kendaraan Komersial, Bus dan Truk yang Meluncur Sepanjang Tahun 2023 Truk Hino 500 Series (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Produsen truk dan bus di Indonesia sedang bergairah menawarkan kendaraan komersial, untuk memenuhi tugas ringan (light duty), tugas menengah (medium duty) dan tugas berat (heavy duty) dari para pengusaha, serta mengangkut penumpang dengan tujuan bervariatif.

KabarOto telah merangkum beberapa model truk dan bus terbaru yang telah resmi meluncur dan dipasarkan di Indonesia. Setidaknya, terdapat sebanyak 15 model truk dan bus baru yang meluncur pada periode sepanjang tahun 2023 (Januari-Desember).

Hino 500 Series Ultimate Safety

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku agen pemegang merek (APM) truk dan bus Hino di Indonesia, telah meluncurkan model truk terbarunya yaitu, Hino 500 Series Ultimate Safety.

Truk medium duty terbaru Hino yang dirancang khusus untuk pengangkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3) itu meluncur dalam 6 varian model mulai dari FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS.

Hino 500 Series Ultimate Safety ini, terdapat penyematan fitur keselamatan terbaru, seperti pengaman kabin (Cabin Tilt Safety), Anti-lock Braking System (ABS) hingga sistem pengamanan Central Door Lock.

Selain itu, terdapat juga komponen-komponen baru yang tersemat seperti mesin Euro4 dan on-road cabin, truk ini hadir dengan desain grill yang mampu meningkatkan sirkulasi udara untuk membantu proses pendinginan pada radiator.

Mitsubishi Fuso Fighter X Minning Equipment Version 2

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, telah menghadirkan model truk terbaru yaitu, Fuso Fighter X minning equipment version 2.

Meluncur pada Maret 2023, model truk baru Fuso tersebut adalah FN 62 FR heavy duty 6×4 versi ke 2.

Truk baru ini tampil dengan grill depan baru berwarna hitam dari yang sebelumnya warna oranye, kemudian bumper yang lebih tinggi dan berwarna hitam, lug tire, side visor, penambahan kaca film dan klakson lebih nyaring suaranya.

Selain fitur-fitur terbaru disematkan pada FN 62 FR heavy duty versi ke 2 ini di antaranya, radiator guard, front mud guard extension, AC, hour meter, rotary lamp serta Power Take-off Transmission (PTO), berfungsi meneruskan daya dan putaran mesin melalui transmisi.

Mitsubishi Fuso Fighter X Super Long Trip

selain meluncurkan truk baru untuk memenuhi kebutuhan pertambangan, KTB juga meluncurkan model truk baru untuk kebutuhan logistik yaitu, Fuso Fighter-X Super Long Trip.

Sebagai truk distribusi jarak jauh, hal yang baru dari Fuso Fighter-X Super Long Trip ini adalah dari penambahan satu tangki bahan bakar, bisa diisi solar 200 liter. Sehingga truk tersebut memiliki 2 tangki bahan bakar yang memiliki kapasaitas 400 liter.

Secara dimensi, truk rigid ini mempunyai panjang sasis dari kabin hingga belakang yang mencapai 9,8 meter, serta front panel atau panel depan, mempermudah pemeriksaan harian sebelum truk digunakan.

Untuk varian Super Long Trip, Mistsubishi menyematkan mesin 6M60-DAT5, dilengkapi Variable Geometry Turbocharger (VGT) 7.545 cc, mampu menghasilkan tenaga 266 dk dan torsi maksimal 2.000 Nm.

Baca Juga: Honda N-Van Untuk Aktivitas Komersial, Belum Mengaspal Di Indonesia