Pertamina Dexlite, BBM Baru Untuk Kendaraan Bermesin Solar

Acrul Affandy
Acrul Affandy 15 Apr 2016 - 02:02
Pertamina Dexlite, BBM Baru Untuk Kendaraan Bermesin Solar
PT. Pertamina (persero) meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) diesel Dexlite dengan harga Rp 6.750 per liter. (Foto: Bimo H.)

PT. Pertamina (persero) meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) diesel Dexlite di SPBU Coco Pertamina Lenteng Agung, Jakarta Selatan (15/14/16). Dexlite merupakan jenis solar terbaru dan Pertamina akan melakukan uji pasar dengan dengan harga Rp 6.750 per liter. Dexlite merupakan bahan bakar yang posisinya berada ditengah antara solar subsidi dengan Pertamina Dex. Dexlite memasar mobil premium bermesin diesel. Dexlite diluncurksan untuk mengurangi bahan bakar solar bersubsidi.

Dexlite memiliki angka Cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm atau lebih tinggi dibandingkan dengan Solar dengan angka Cetane Number 48 dan kandungan sulfur maksimal 3.500 ppm. Adapun, Pertamina Dex yang dikenal sebagai produk bahan bakar diesel terbaik di Indonesia saat ini, memiliki angka Cetane Number 53 dengan kandungan sulfur maksimal 500 ppm.

"Kami akan menguji pasar serentak hari ini di 33 SPBU diantaranya Bekasi 6 spbu, Tanggerang 6 spbu, Bogor 6 spbu, Depok 6 spbu dan DKI 15 spbu. Pada bulan mei akan kita luncurkan di Jawa serta pada bulan juni ini akan kita lepas di Sumatera Utara dan Kalimantan, bulan agustus di Sulawesi," ujar pria Direktur Pemasaran PT. Pertamina (persero) Ahmad Bambang.

Pria yang akrab disapa AB ini juga mengatakan targetnya diakhir tahun 2016 iniDexlite sudah tersedia diseluruh Indonesia. "Paling tidak seluruh ibukota provinsi sudah ada, dan 100 juta liter sampai akhir tahun ini itu target kita untuk suplynya," tambahnya.

Dirut Pertamina Dwi Sutcipto mengatakan, Dexlite merupakan varian produk bahan bakar Diesel yang diformulasikan Pertamina untuk konsumen pengguna kendaraan bermesin diesel yang populasinya semakin meningkat sejalan dengan makin ketatnya batasan emisi gas buang. Seperti halnya Pertalite, Dexlite akan menyasar ceruk pasar dengan segmen antara Solar dan Pertamina Dex.

Baca Juga: