POPULAR STORIES

Perusahaan Korsel Ini "Cek Ombak" Bisnis Motor Listrik Di Indonesia

Perusahaan Korsel Ini "Cek Ombak" Bisnis Motor Listrik di Indonesia Motor listrik sudah banyak digunakan di Indonesia

KabarOto.com - LG Chemical, perusahaan asal Korea Selatan, turut berpartisipasi dalam pilot project pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air. Langkah ini dapat mengakselerasi penerapan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita seusai melakukan pertemuan dengan direksi LG Chemical di Jakarta, Rabu (8/1), mengatakan, LG Chemical diharapkan bisa berpartisipasi misalnya menyediakan baterai motor elektrik dengan skema battery swap.

Baca Juga: Tahun 2025, Indonesia Produksi 2 Juta Motor Listrik Dan 400 Ribu Mobil Listrik

Motor listrik Honda PCX

Dia berharap perusahaan ini dapat berkolaborasi dengan delapan perusahaan motor listrik dalam pilot project tersebut. Delapan perusahaan di antaranya, PT Wijaya Karya Tbk/WIKA (Gesit), PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Juara Bike (Selis), PT Migo Ebike Success (MIGO), PT Green City Traffic (ECGO), PT Terang Dunia Internusa (United), PT Tomara Jaya Perkasa (Tomara), dan PT Volta Indonesia Semesta (Volta).

“Adapun pilot project battery swap, akan memanfaatkan fasilitas charging di BSD Serpong, BPPT Serpong, dan BPPT Jakarta. Kemudian, LG Chemical dan partner lokal akan membangun fasilitas swap dan charging di Jakarta dan Tangerang,” papar Agus Gumiwang.

Sebelumnya, ketika melakukan kunjungan kerja ke Seoul pada November 2019, Menperin AGK sempat melakukan one on one meeting dengan direksi LG Chemical. Pada pertemuan tersebut, korporasi raksasa asal Negeri Ginseng itu juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan studi terkait penggunaan baterai listrik pada sepeda motor dalam mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Baca Juga: Investasi Baterai Motor Listrik Korea Selatan Di Indonesia, Ini Kata Menperin

“LG berniat untuk melakukan penelitian dan mendukung studi, melakukan kajian-kajian untuk kendaraan, terutama sepeda motor listrik,” terangnya.