POPULAR STORIES

Investasi Baterai Motor Listrik Korea Selatan Di Indonesia, Ini Kata Menperin

Investasi Baterai Motor Listrik Korea Selatan di Indonesia, Ini Kata Menperin Foto: Kipli/ Kemenperin

KabarOto.com - Terkait investasi Baterai motor listrik oleh Korea Selatan di Indonesia, Menperin menambahkan, Kemenperin juga terus berupaya melakukan penjajakan peluang investasi sektor industri dari perusahaan-perusahan top di Korsel yang belum memiliki kegiatan produksi di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan substitusi produk impor.

Salah satu yang telah dijajaki adalah SK Group. “SK Group sangat antusias berinvestasi di Tanah Air pada sektor industri. Mereka akan mengirimkan timnya untuk fokus menentukan industri mana yang akan mereka pilih dan mencari mitra di dalam negeri untuk bekerja sama membangun industri,” tutur Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Baca Juga: Kemenperin Luncurkan 40 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Menperin berharap, SK Group bisa mengembangkan industri petrokimia di Indonesia Tanah Air. Hal ini bertujuan agar menekan impor produk petrokimia yang dibutuhkan untuk bahan baku industri di dalam negeri. “Untuk itu, mereka sedang mempelajari kemungkinan untuk menanamkan modalnya di Tanah Air,” terangnya.

Saat ini, SK Group bergerak pada tiga kelompok bisnis, yakni energi dan kimia (45%), komunikasi dan teknologi informasi (ICT) dan semi konduktor (37%), serta jasa dan logistik (18%).

“Kami mengejar investasi sektor petrokimia sebagai upaya mensubstitusi produk impor untuk kebutuhan dalam negeri,” tegasnya. Hampir 6 juta ton kebutuhan bahan baku petrokimia diserap pasar dalam negeri, sementara pasokan produksi dari domestik hanya sanggup memenuhi 2 juta ton.