POPULAR STORIES

Perusahaan Patungan BMW Group Dan Great Wall Motor Akan Produksi MINI Di Tiongkok

Perusahaan Patungan BMW Group dan Great Wall Motor akan Produksi MINI di Tiongkok MINI E

KabarOto.com - BMW Group dan Great Wall Motor sepakat untuk berkolaborasi menghadirkan elektrifikasi kendaraan bersama di Tiongkok. Kolaborasi tersebut menghadirkan bendera baru Spotlight Automotive Limited.

Adapun perusahaan didirikan di kota Zhangjiagang di Provinsi Jiangsu. Sedianya akan memproduksi mobil listrik MINI yang merupakan produk dari BMW Group. Dikabarkan akan menyerap 3.000 karyawan dengan lalui fase peningkatan.



Investasi baik dari BMW Group dan Great Wall Motor mencapai 650 juta Euro atau setara Rp 10,1 triliun. Diperkirakan pertahunnya akan memproduksi 160.000 kendaraan. Fasilitas akan mulai dibuat tahun 2020 dan selesai tahun 2022.

Acara resmi pada 29 November lalu menandai tonggak sejarah berikutnya dalam hubungan antara Great Wall Motor dan BMW Group. Pada tahun 2018, perjanjian usaha patungan 50:50 ditandatangani di Berlin di hadapan Perdana Menteri China Li Keqiang dan Kanselir Jerman Angela Merkel.



Selain produksi, model usaha patungan yang inovatif juga mencakup pengembangan bersama kendaraan baterai-listrik di pasar elektromobilitas terbesar di dunia. Perusahaan patungan ini produksi kendaraan MINI listrik masa depan, serta beberapa model dan merek untuk Great Wall Motor.



Peluncuran kendaraan listrik MINI generasi pertama akan dibangun di Oxford dan dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2020, ini merupakan langkah penting menuju masa depan berlistrik merek MINI.



Fasilitas MINI Plant Oxford, yang baru-baru ini memproduksi mobil ke-10 juta sejak diluncurkan merek pada tahun 1959, akan tetap menjadi jantung dan rumah bagi manufaktur MINI, sementara perusahaan patungan Spotlight Automotive Limited akan memberikan kapasitas dan fleksibilitas tambahan.



Klaus Fröhlich, Member of the Board of Management of BMW AG, yang bertanggung jawab untuk Pengembangan, mengatakan pada peresmian Spotlight Automotive: “Hari ini kami mengambil langkah berikutnya dalam kolaborasi kami: Dengan BMW Group sebagai pelopor dalam bidang elektromobilitas dan Great Wall Motor sebagai pemain utama dan ahli dalam industrialisasi di pasar Tiongkok, kami menggabungkan kekuatan untuk pengembangan dan produksi MINI listrik masa depan dan model baru Great Wall.”

Berita Terkait

Berita Terkait