POPULAR STORIES

Peugeot 9X8 Ubah Sistem Aerodinamika Demi Kejar Podium Di Le Mans

Peugeot 9X8 Ubah Sistem Aerodinamika Demi Kejar Podium di Le Mans Peugeot 9X8 Ubah Sistem Aerodinamika Demi Kejar Podium Balap Le Mans (9X8 TotalEnergies)

KabarOto.com - Setelah musim pertama Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA di Le Mans, Prancis, dan podium perdananya (ke-3) di Monza, Italia, Peugeot 9X8 telah dibekali tampilan baru. Beberapa peningkatan substansial tahun ini dalam kelas Hypercar yang sangat kompetitif yang menampilkan sembilan pabrikan dan sembilan belas prototipe.

Versi awalnya, Peugeot 9X8 dirancang menggunakan serangkaian spesifikasi dengan regulasi teknis tahun 2020/2021. Namun, antara tahap desain mobil dan persaingannya di musim panas 2022, regulasi berubah sehingga membuka potensi peningkatan performa di area tertentu.

Baca Juga: Mobil Listrik New Peugeot e-5008 Bakal Meluncur, Intip Spesifikasinya

Oleh karena itu, beberapa desain direvisi untuk memaksimalkan potensinya, hal ini untuk memenuhi target ambisius yang ditetapkan oleh Tim Peugeot TotalEnergies.

“Saat ini kami mengambil pilihan yang tidak lagi tepat dan perbedaan performa ini tidak cukup diimbangi oleh BOP (Balance of Performance) pada tahun 2023,” ujar Olivier Jansonnie, Direktur Teknik Peugeot Sport.

Idenya, kembali ke desain mobil yang notabene serupa juga dengan rival, sehingga kemudian mendapat perlakuan setara dari BOP. Inilah sebabnya Peugeot memutuskan untuk tidak menggunakan ban dengan lebar identik 31/31cm pada semua roda, dan memilih ukuran 29 cm pada ban depan dan ban 34 cm pada ban belakang.

Sebenarnya ini bukan mobil baru, karena sasisnya sama, tapi dilakukan beberapa peningkatan. Agar ban dapat bekerja secara efektif, Peugeot harus mengubah pusat gravitasi 9X8, dengan memindahkan komponen tertentu dan parts lain menjadi lebih ringan.

Baca Juga: Para Pembalap AHRT Kibarkan Merah Putih di Balap ARRC 2024 Zhuhai Tiongkok

Untuk mendapatkan keseimbangan aerodinamis, Peugeot juga harus mempertimbangkan redistribusi beban aerodinamis. Hal ini mengakibatkan Peugeot mendesain ulang sekitar 90% komponen bodywork, terutama penambahan sayap belakang.

“Desain grafis yang melambangkan 'sekawanan singa' ini menyampaikan rasa kolektif yang mencerminkan nilai-nilai balap Endurance dengan sempurna. Desainnya diproduksi dalam berbagai ukuran dan warna berbeda yang diambil dari bagan warna Peugeot Sport, termasuk hitam, abu-abu, putih, dan kryptonite,” pungkas Matthias Hossann selaku Direktur Desain.