Peugeot E-208, Hatchback Kompak Bermesin Listrik

Peugeot e-208, Hatchback Kompak Bermesin Listrik

KabarOto.com - Menyambut era kendaraan listrik, Peugeot sebagai salah satu produsen mobil asal Prancis resmi ikut meluncurkan e-208 sebagai salah satu mobil ramah lingkungannya. Mobil bergaya hatchback ini resmi bisa dipesan untuk pasar otomotif Inggris mulai tanggal 22 Agustus 2019, dan bakal dikirim ke konsumen pada awal 2020.

Diperkenalkan kepada publik melalui ajang Geneva Motor Show pada Maret 2019 lalu, basis produksinya didasarkan pada hatchback 208 model terbaru. Daily Express mengklaim, hadirnya e-208 merupakan bagian dan strategi ambisius dari Peugeot untuk memperbanyak line-up mobil listrik mereka pada tahun 2023.

Peugeot e-280 tersedia dalam empat varian yang bisa dipilih, diantaranya Active, Allure, GT Line dan GT (Top-Line).

Secara visual, bentuk eksterior e-208 bermesin listrik ini terlihat sama dengan model 208 yang bermesin bensin maupun diesel, berbeda dengan produsen mobil lain melakukan sedikit perubahan untuk membedakan varian bermesin listrik dengan mesin konvensional.

Baca juga: Profil - New Peugeot 5008

Sebagai pembeda dengan varian bermesin bensin, terdapat aksen berwarna biru di bagian gril depan dan logo Peugeot khusus untuk model e-208.

Oleh karena itu, desain e-208 memiliki tampilan yang sporty seperti pada 208 standar berkat penggunaan lampu LED yang diberi efek smoke di bagian depan dan belakang. Tampilan semakin keren didukung bentuk desain 3-claw headlight signature pada headlamp, serta LED DRL di bagian depan memanjang hingga ke bagian bumper.

Tampilan semakin keren didukung penggunaan pelek model alumunium berukuran 17 inci dan kaca spion berwarna hitam dengan deffoger. Beralih ke belakang, lampu sudah menggunakan bohlam LED dengan bentuk 3-claw yang diberi efek smoke dan diffuser belakang berukuran besar berwarna hitam menambah kesan sporty di bagian belakang.

e-208 memiliki tampilan interior lebih premium dibandingkan model 208. Kabin didominasi warna hitam termasuk di bagian dasbor dan konsol tengah, ditambah lapisan serat karbon di bagian dasbor menambah kesan elegan kabin e-208. Semakin mewah berkat penggunaan lapisan kulit Alcantra di bagian kursi baris depan maupun belakang.

Beralih ke bagian dasbor, terdapat sistem infotainment ala Peugeot bernama Peugeot i-Cockpit® yang terinspirasi dari mobil konsep Peugeot FRACTAL. Sistem infotainment berupa layar sentuh berukuran 5,7 inci atau 10 inci tergantung trim yang dipilih, sistem canggih Peugeot i-Cockpit® dapat menunjukkan informasi kendaraan dan data mengemudi selain juga digunakan untuk memutar konten multimedia.

Baca juga: New Peugeot 5008 Resmi Meluncur

Khusus untuk tipe atas e-208, mendapatkan fitur yang lebih lengkap dibandingkan model standarnya. Tipe Allure akan mendapatkan tambahan 3D Holographic HUD pada i-Cockpit, yang dapat dikostumisasi dari tipe sebelumnya.

Sedangkan tipe premium dari Peugeot e-208 GT Line, mendapatkan beberapa tambahan fitur yaitu ASB Night Function, pendeteksi pejalan kaki dan pengguna sepeda, dan juga interior lighting ambience dalam delapan warna.

Sementara tipe premium teratas GT (Top-line) ditambah lagi dengan fully automated parking assistance, adaptive cruise control, lane assist, blind spot monitoring, dan layar LCD layar sentuh yang lebih besar pada 3D i-Cockpitnya.

Sebagai mobil ramah lingkungan, Peugeot membekali e-208 dengan motor listrik bertenaga 134 dk yang mampu berakselerasi dari kecepatan 0 ke 100 kpj dalam waktu 8,1 detik. Motor listrik ditenagai oleh baterai 50 kW mampu memberikan tenaga sejauh 339 km menurut sistem pengukuran WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Prosedur) yang baru.

Pengisian daya baterai 50 kW dapat diisi ulang menggunakan listrik rumah yang akan memakan waktu lebih dari 20 jam untuk mencapai kapasitas baterai 100%, atau menghubungkannya ke pengisi daya "wallbox" khusus yang membutuhkan waktu hingga delapan jam. Terdapat perangkat fastcharger untuk pengisian daya yang lebih cepat, hanya membutuhkan waktu 30 menit dari kapasitas baterai 20% hingga 80&.

Berbicara mengenai harga, e-208 Active dianderol 28.550 poundsterling atau setara Rp494 juta, trim Allure dibanderol 29.750 poundsterling atau setara Rp515 juta, GT Line dibanderol 31.600 poundsterling atau setara Rp 547 juta, dan GT (Top-line) seharga 33.150 poundsterling atau setara Rp 574 juta. (Nora Dian Pratama)