Profil - New Peugeot 5008

Profil - New Peugeot 5008 New Peugeot 5008 (Deni/KO)

KabarOto.com - New Peugeot 5008 resmi melengkapi line-up produk Sport Utility Vehicle (SUV) yang dimiliki PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) untuk pasar otomotif Indonesia. Berbeda dari generasi sebelumnya, New Peugeot 5008 kini memiliki desain yang lebih berkarakter, stylish dan dinamis.

Sebelumnya Peugeot 5008 diketahui merupakan sosok sebuah kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV), dan di tahun ini model itu bertransfomasi menjadi SUV 7-penumpang. Lalu seperti apa sosok mobil yang dipasarkan dengan banderol Rp 820 juta on the road Jakarta? Berikut ulasan lengkapnya.

New Peugeot 5008

Baca juga: Peugeot Indonesia Lebih Kepincut Segmen SUV Ketimbang MPV

Eksterior

New Peugeot 5008 merupakan full model change jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Secara dimensi mobil ini memiliki panjang 4.641 mm, lebar 1.841 mm, tinggi 1.646 mm, dengan wheelbase 2.840 mm. Jika dibandingkan dengan Peugeot 3008, panjang keseluruhannya lebih panjang 19,4 mm dengan tetap memberikan bentuk yang proporsional.

Panjang ekstra itu membuat kendaraan ini memiliki 3 baris kursi, di mana kapasitas bagasi dapat menjadi lebih luas jika kursi baris ke-3 dilipat atau dilepas.

Secara tampilan, New 5008 sangat mirip dengan Peugeot 3008. Desain gril depan masih menggunakan desain Vertical Front End serta Long Flat Bonnet. Untuk menunjang tampilan ala SUV yang tangguh, mobil ini menawarkan lekukan bumper depan yang mengarah ke atas dan membagi headlights menjadi dua bagian, menjadikan lampu yang menggunakan teknologi full LED serta Daytime Running Light (DRL) tampil menawan. Pada bagian foglamp pun turut dihiasi dengan material krom.

Pada bagian belakangnya, New Peugeot 5008 menyuguhkan lampu belakang ala cakar singa khas Peugeot, dengan ornamen yang cukup identik. Berbeda dari 3008, kaca belakang yang tampak lebih tegak, dan memberikan kesan boxy yang disamarkan Peugeot dengan desain kaca pada pillar D. Hal ini rasanya dilakukan untuk menunjang headroom yang proper bagi penumpang baris ketiga.

Agar menunjang tampilannya semakin terlihat tangguh, New 5008 dilengkapi dengan pelek dan ban berukuran 225/55 R18.

Interior New 5008

Interior

Interior jadi faktor paling menawan dari New 5008. Mobil ini menggunakan platform interior Peugeot i-Cockpit, yang diklaim mampu memudahkan pengemudi untuk mengakses seluruh teknologi onboard. Secara desain dasbor mobil ini jadi terkesan lebih futuristik, dan tampak lebih seperti kokpit pesawat terbang. Hal itu tertuang dari dari hadirnya desain setir flat top-bottom, desain persneling ala jet fighter, serta desain speedometer yang futuristik.

Bukan hanya desain, material yang digunakan juga berkualitas tinggi, tombol-tombol instrumen AC juga tampak cukup solid dengan finishing satin chrome yang memberikan kesan mewah. Interior juga dihiasi dengan lampu garis berwarna biru yang terkesan membuatnya jadi elegan ketika berada di dalam kabin.

Salah satu yang cukup menarik dibahas adalah konsep baru i-Cockpit Amplify, di mana empat panca indra pengemudi dan penumpang dimanjakan dengan 4 aspek, yakni sight (variasi kecerahan pencahayaan dan pemilihan tema layar), hearing (kualitas audio mumpuni), touch (material interior berkualitas), dan smell (parfum on-board dengan 3 aroma yang dapat disesuaikan secara digital).

Fitur itu dipadukan dengan headunit layar sentuh 8 inci yang sudah mendukung apple car play dan android auto, dan memiliki kemampuan untuk mengatur berbagai fitur dan sistem kendaraan. Selain itu, terdapat juga enam tombol yang langsung mengarah ke fungsi penting seperti radio, pengaturan temperature kabin, berbagai informasi kendaraan, telepon, serta aplikasi smartphone.

Mesin New 5008

Mesin

Peugeot New 5008 menggunakan mesin EP6FDTM, mesin segaris 4 silinder 16 Valve Turbo berkapasitas 1.598 cc. Mesin itu mampu mengeluarkan tenaga hingga 165 dk dan torsi 240 Nm yang disalurkan menuju roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan dengan fitur quick shifting dan paddle shift.

Mesin itu diklaim mampu berlari dari 0-100 kpj hanya dengan waktu 8,3 detik saja. Oh ya.. salah satu yang perlu diketahui juga, mesin New 5008 telah memenuhi standar Euro 6.

Persneling Peugoet New 5008

Baca juga: Peugeot Indonesia Dipastikan Tidak Meriahkan GIIAS 2019

Fitur

Premium SUV asal Prancis ini dilengkapi dengan sejumlah fitur modern, seperti 360 Camera with park assist, lalu ada juga sensor parkir pada bagian depan dan belakang, Advanced Grip Controls with 5 Modes, Hill Assist Descent Control (HADC), ABS, EBD, BA, ESP, DSC, Cruise Control & Speed Limit Information hingga Lane Departure Warning yang berfungsi mengingatkan pengemudi, agar tidak melebihi kecepatan dan tetap patuh pada batas kecepatan yang disarankan.

New 5008 juga dilengkapi dengan 6 airbags (2 front Airbags, 2 Curtain Airbags, 2 literal airbag). Seluruh fitur itu membawa New 5008 meraih 5 bintang Euro NCAP.

Berikut spesifikasi detailnya:

Mesin Type EP6FDTM Turbo, Inline-4 1.598cc Turbo, 16 Valve
Dimensi Panjang x Lebar x Tinggi 4.641 mm x 1.844 mm x 1.646 mm
Wheelbase 2.840 mm
Tenaga 165 dk
Torsi 240 Nm
Transmisi 6-Speed Automatic with Quickshift Technology and Paddleshift
Suspensi Depan/Belakang Independent with MacPherson Axle / Semi-Independent with twist beam axle
Rem Depan / Belakang Ventilated Disc / Solid Disc
Ukuran ban dan pelek R18 225/55
Akselerasi 0-100 kpj 8,3 detik