POPULAR STORIES

Piaggio Dan Autoliv Kembangkan Airbag Sepeda Motor

Piaggio dan Autoliv Kembangkan Airbag Sepeda Motor Paten airbag pada motor (Foto: Piaggio)

KabarOto.com - Dalam rangka meningkatkan keselamatan berkendara, Piaggio dan Autoliv sepakat untuk mengembangkan sistem airbag yang akan dipasang pada Piaggio MP3 yang merupakan skutik tiga roda.

Piaggio sendiri menjadi pabrikan sepeda motor kedua yang mengembangkan airbag, di mana, Honda menjadi yang pertama dan memasangnya pada model Gold Wing.

Sebelumnya, Piaggio dan Autoliv sudah menjalin kerjasama ini pada ajang EICMA 2021.

Baca juga: Piaggio Indonesia Tanggapi Soal Model Vespa Dijiplak Skuter Listrik Lain

Sistem kerja airbag sepeda motor

Sebagai informasi, Autoliv merupakan perusahaan yang fokus pada teknologi airbag. Dengan pengalaman dan dukungan Piaggio, ini akan memudahkan implementasi mimpi untuk memproduksi airbag pada sepeda motor dan segera dipasarkan untuk umum.

Desain airbag Autoliv dan Piaggio memperlihatkan kompoenen yang sangat besar. Ketika dilipat, komponen ini diletakkan di belakang fairing, tepat di bawah setang.

Baca juga: Imut! Piaggio Indonesia Resmi Jual Aksesori Vespa Primavera Color Vibe

Untuk sistem kerjanya, sama dengan airbag di mobil. Tapi, airbag ini berada di belakang penutup yang dapat terbuk adalam hitungan milisecond saat airbag dipompa oleh generator, yang mmerupakan gas kimia bertenaga listrik.

Selain itu, kedua perusahaan ini telah membuat celah penutup pada airbag tersebut, dan dirancang sedemikian rupa, sehingga saat mengembang, airbag ini langsung mengamankan tubuh bagian atas dan kepala pengendara.

Berita Terkait

Berita Terkait