Piaggio Menangkan Tuntutan Hak Paten Motor 3 Roda

Piaggio Menangkan Tuntutan Hak Paten Motor 3 Roda Kipli

KabarOto.com - Hak paten motor roda tiga yang membuat Piaggio Group dan Peugeot Motorcycles akhirnya menemukan titik terang. Peugeot dinyatakan bersalah dan harus menghentikan penjualan motor roda tiga mereka yakni Metropolis, yang secara langsung disahkan oleh pengadilan Italia dan Prancis.

Putusan yang resmi dikeluarkan pada 20 September 2021 tersebut memenangkan Piaggio Group atas dua tuntutan kepada Peugeot Motocycles. Yang pertama, terkait dengan teknologi yang digunakan oleh Piaggio MP3 agar dapat motor bisa dimiringkan, yang kedua adalah desain roda tiga motor itu sendiri.

Baca juga: Punya Gigi Mundur, Piaggio MP3 HPE Sport Advanced Resmi Mengaspal

Pihak Peugeot Motorcycle kini harus menghentikan produksi, penjualan, kepemilikan, impor dan ekspor kendaraan apapun yang menggunakan teknologi hidrolik. Nahasnya lagi, pihaknya diwajibkan mengganti rugi atas penjiplakan teknologi tersebut dengan denda senilai 1,5 juta Euro atau setara dengan Rp 25 miliar.

Jika pihak Peugeot Motorcycle masih tidak mematuhi aturan tersebut, maka mereka akan didenda sebesar 6.000 Euro atau nyaris Rp 100 juta per motornya.

Baca juga: Profil Piaggio MP3 HPE Sport Advanced

Mereka diberi tenggat waktu untuk menghentikan penjualan skuter roda tiga Metropolis di Italia dalam 90 hari setelah putusan tersebut disahkan.

Adapun ketentuan jika Peugeot Motorcycle belum menarik peredaran motor tersebut di pasaran, akan dikenakan denda lain yakni 10.000 Euro per kendaraan atau sekitar Rp 166 juta.