Pilih Modifikasi Mesin Crate Engine Atau Racikan Lokal? Ini Penjelasannya

Pilih Modifikasi Mesin Crate Engine Atau Racikan Lokal? Ini Penjelasannya Foto: Kipli

KabarOto.com - Dunia modifikasi, khususnya sektor mesin memang sudah lazim mendapat sentuhan jika ingin performa lebih maksimal. Tak hanya engine swap, namun sekarang banyak tuner ternama yang menawarkan crate engine atau mesin modifikasi yang sudah siap pakai.

Sebut saja beberapa tuner tersohor seperti AMS Performance, JUN Auto dan masih banyak lagi. "Kita sering dapat konsumen yang ingin modifikasi lebih dari sekadar ganti aftermarket parts atau bolt-on. Memang pesan crate engine lebih praktis sesuai target modifikasi yang diinginkan," ujar Yudhistira Maranatha selaku Parts Manager Division Engineplus Motorsports.

Workshop tersebut memang mengklaim sudah lama menjalin hubungan baik dengan berbagai tuner mancanegara, bermacam-macam konsumennya pun ditangani, mulai dari Nissan GT-R, Mitsubishi Evolution, Subaru WRX STi dan berbagai tipe Honda.

"Contohnya Evo, pilih crate engine dari JUN Auto atau AMS Performance. Pemakaian street dan trackday estimasi tenaga bisa 400-450 whp on pump gas, estimasi harga Rp 500 jutaan untuk mesin," rinci penggeber Starlet turbocharger itu.

Tenaga sebesar 400 whp tersebut masih bisa dinaikkan lagi dengan mesin yang sama. "Itu batas untuk harian saja, sebenarnya mesin tersebut sanggup menerima hingga 700 whp tergantung dari parts yang dipakai, jenis bahan bakar, atur ulang boost dan timing lagi," imbuhnya.

Baca Juga: Kilas Balik, Mesin L20ET Yang Sukses Patahkan Regulasi Emisi Pemerintah

Pria berkacamata itu juga menawarkan opsi lain yakni racikan lokal, "Karena kita sudah sering buat mesin juga dengan racikan sendiri. Memang terbukti bisa lebih kencang, awet dan tentunya dengan harga yang enggak terpaut jauh berbeda seperti crate engine," katanya.

Tujuannya, ia ingin konsumen juga percaya bahwa 'tangan dingin' tuner lokal juga bisa bersaing dan terjamin kualitasnya dengan mancanegara. "Contohnya L15 Honda Jazz kita sudah pernah buat hingga 200 dk keatas, on engine ya 400-an dk dengan biaya total enggak sampai Rp 200 juta. 5 tahun berlalu enggak ada masalah berarti di mesin itu," ujar pria yang berkantor di kawasan Sunter, Jakarta Utara itu.

Banyak mobil-mobil kencang yang terlahir di workshop tersebut, diantaranya 'Evojun' yang merupakan Mitsubishi Evolution CT9A dengan tenaga 852,6 whp diatas Dyno Dynamics dan 'Casper' yang merupakan Civic Estilo dengan tenaga 849,8 fwhp. Adapun rekor tenaga terbesarnya tembus hingga 920 whp.

Nah, makin banyak pilihan kan, Sobat KabarOto? Jadi mau ambil yang mana?