POPULAR STORIES

Pilihan Ban Untuk F1 Bahrain 2024, Kompon Cocok Bisa Berpengaruh

Pilihan Ban untuk F1 Bahrain 2024, Kompon Cocok Bisa Berpengaruh Foto : F1.

KabarOto.com - Formula 1 kembali beraksi untuk musim 2024 dengan putaran pembukaan di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, Bahrain, akhir pekan ini, dan penyedia ban yakni Pirelli telah mengkonfirmasi kompon apa yang akan digunakan para pembalap.

Pembalap akan mendapatkan dua set ban hard (putih), tiga set ban medium (kuning), dan delapan set ban soft (merah), serta ban intermediate berwarna hijau dan full wets berwarna biru jika diperlukan saat kondisi tiba-tiba hujan.

Baca juga: Jadwal F1 Bahrain 2024, Seri Pembuka Akhir Pekan Ini

Daya cengkram ban pun bisa ditentukan juga dari tekanan angin ban yang telah ditentukan 22 psi di depan, dan 19 psi untuk bagian belakang. Sementara sudut kemiringan camber -3,50 di depan dan -2.00 di belakang.

Dengan lintasan lurus yang panjang dan zona pengereman yang keras, akan terdapat banyak tekanan pada ban dengan jumlah degradasi ban yang tinggi, dan gaya lateral selama balapan membuat potensi pembalap tergelincir sangat tinggi jika tidak tepat dalam penggunaan ban.

Baca juga: Red Bull Racing Luncurkan RB20 Untuk F1 Musim 2024, Siap Mendominasi Lagi?

Lalu dengan kondisi sirkuit yang dekat dengan gurun, kecil kemungkinan terjadinya hujan. Namun masalah utama sebenarnya adalah angin kencang yang diprediksi dapat mencapai 48 kpj selama balapan.