POPULAR STORIES

Pindahkan Gigi Motor Keras? Ini Penyebabnya

Pindahkan Gigi Motor Keras? Ini Penyebabnya penyebab presneling gigi keras adalah karena setelan mur dan baut pada speling tuas persneling kurang pas.

Kabaroto.com - Bagi anda yang menggunakan motor bergigi persneling (manual), tentu pernah merasakan persneling keras saat menggunakannya. Biasanya pengendara yang tak memperhatikan hal tersebut terus memaksa keadaan itu sehinga kerusakan tentu akan semakin parah dan cukup bisa membuat kerusakan menjadi merembet ke komponen lainnya.

Anda harus mengetahui penyebab gigi persneling tersebut mengapa bisa keras? Iwan salah satu mekanik senior di sebiah bengkel di kawasan Jagakarsa Jakarta Selatan memberikan info penyebab gigi persneling keras.

Yang Pertama menjadi penyebab presneling gigi keras adalah karena setelan mur dan baut pada speling tuas persneling kurang pas. Hal ini disebabkan pengaturan speling atau jarak renggang pada tuas persneling punya setingan yang berdampak kepada akselerasi motor. Saat diatur dengan ukuran yang sempit membuat perpondahan gigi terasa empuk, tetapi tarikan akselerasi menjadi lambat. Dan sebaliknya jika ukuran tuas persneling terlalu renggang maka perpindahan gigi kan mengalami kesulitan. Saat tangkai kampas belum mencapai posisi maksimal namun justru tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi.