Pirelli Selesai Uji Coba Ban Baru Formula 1 18 Inci, Pengujian Berjarak Setengah Keliling Bumi!

Pirelli Selesai Uji Coba Ban Baru Formula 1 18 Inci, Pengujian Berjarak Setengah Keliling Bumi!

KabarOto.com – Tes uji coba Pirelli untuk ban Formula 1 ukuran 18 inci menggantikan ukuran 13 inci saat ini, telah selesai kemarin di Sirkuit Paul Ricard, Prancis. Sirkuit ini menjadi tuan rumah uji ban basah terakhir dengan Alpine dan dikemudikan oleh Daniil Kvyat.

Pergantian ke ban profil tipis baru merupakan revolusi teknis untuk dunia motorsport, yang membutuhkan program penelitian dan pengembangan intens, menampilkan pengujian di dalam dan luar ruangan.

Baca juga: Jadwal F1 Amerika Serikat 2021 dan Sekilas Tentang Sirkuit The Americas

Dibandingkan ban 13 inci generasi sebelumnya, perpindahan ke 18 inci menandai desain clean-sheet, dengan para insinyur Pirelli memikirkan ulang setiap elemen ban, mulai dari profil, struktur hingga kompon.

Dibutuhkan sekitar 28 hari pengujian trek untuk ban 18 inci baru sepanjang tahun 2021, sehingga total 36 hari termasuk pengujian yang dilakukan pada akhir 2019 dan awal 2020, sebelum penundaan yang disebabkan oleh pandemik Covid- 19.

Tidak hanya itu, sekitar lebih dari 10.000 jam pengujian dalam ruangan, lebih dari 5.000 jam simulasi, dan lebih dari 70 prototipe dikembangkan secara virtual, menghasilkan 30 spesifikasi fisik yang diuji. Di trek pengujian secara langsung oleh pembatan sekitar 4.267 putaran sudah ditempuh, membuat jarak total lebih dari 20.000 km, atau bisa disamakan sekitar setengah keliling bumi. Jumlah set yang digunakan adalah 392 atau setara dengan 1.568 ban.

Baca juga: Formula 1 Rilis Jadwal 2022, Rekor 23 Seri

Mario Isola, Manager Balap Pirelli Motorsport mengatakan, “Kami akhirnya menutup jadwal pengembangan untuk ban baru 18 inci. Tahun depan kami masih memiliki beberapa hari ujian yang memungkinkan kami untuk menyempurnakan ban 2022 dengan mobil baru jika diperlukan. Setelah spesifikasi divalidasi oleh FIA, pembalap memiliki kesempatan mencoba ban 18 inci yang pasti pada tes setelah Grand Prix Abu Dhabi, meskipun kita harus menunggu tes pra-musim tahun depan untuk melihatnya. Ban ini beraksi pada mobil 2022 untuk pertama kalinya.”