POPULAR STORIES

Pirelli Tentukan Jenis Kompon Ban Untuk F1 Kanada

Pirelli Tentukan Jenis Kompon Ban untuk F1 Kanada Dok : F1

KabarOto.com - Formula 1 akan kembali digelar di Montreal, Kanada pada akhir pekan nanti, balapan ini kembali dilaksanakan pertama kalinya sejak 2019. Sudah dua tahun Kanada tidak mengadakan balapan, akibat pandemik Covid-19.

Menjelang kembalinya Grand Prix Kanada, Pirelli telah memberikan susunan kompon yang akan dibawa ke Kanada. Mereka membawa ban keras C3 sebanyak dua set, ban sedang C4 tiga set dan ban lunak C5 jadi pilihan utama delapan set untuk akhir pekan nanti

Tekanan angin ban ditentukan 23 psi depan dan 20,5 psi di belakang. Sementara sudut kemiringan camber -3,25 derajat di depan dan -2,00 derajat belakang.

Baca juga: F1 Perpanjang Kontrak Sirkuit Melbourne Di Australia Hingga 2035

Pirelli juga mengatakan karakteristik lintasan Montreal memiliki kesamaan kondisi seperti Sirkuit Baku, Azerbaijan. Traksi berat dan tuntutan pengereman dengan kecepatan lebih rendah, serta suhu lebih dingin di Sirkuit Gilles-Villeneuve.

“Kanada akan menimbulkan sejumlah tanda tanya bagi tim, cuaca sering berubah-ubah, semua data sebelumnya berusia tiga tahun, dan kami memiliki ban sama sekali berbeda dengan kompon dan struktur baru, di trek yang hampir tidak pernah digunakan,” kata Direktur Motorsport Pirelli, Mario Isola.

Baca Juga : Jadwal F1 Kanada 2022, Kembalinya Balapan Setelah Absen 2 Tahun

Selain itu strategi juga sangat jadi penentu di balapan ini, mengingat setiap tim hanya butuh waktu kurang dari 20 detik setiap masuk pit. “Satu aspek menarik di Montreal adalah memiliki waktu pit lane terendah di kalender, yang berarti bahwa sebuah mobil dapat masuk dan keluar dari pit lane dalam waktu kurang dari 20 detik. Ini bisa membuka beberapa opsi dalam hal strategi,” jelasnya.