POPULAR STORIES

PLN Terus Menambah Jumlah SPBKLU Di Seluruh Indonesia

PLN Terus Menambah Jumlah SPBKLU di Seluruh Indonesia Sistem swab baterai diklaim mudah untuk pemilik motor listrik menukar baterai

KabarOto.com - PT PLN (Persero) meyakinkan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir membeli motor listrik, karena perusahaan pelat merah tersebut berkomitmen untuk terus menambah jumlah Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Hal itu dikatakan Wilfrid Sahat P Siregar, Senior Officer Direktorat Retail dan Niaga PLN, ketika ditemui di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) belum lama ini. PLN akan terus menambah jumlah SPBKLU, karena sistem ini efisien dan menghemat waktu pengisian daya motor listrik.

Baca Juga: PLN Siap Wujudkan Komitmen Zero Emission Tahun 2060

Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (Foto: ESDM)

"Kami sudah bangun 1.163 SPBKLU di seluruh Indonesia, agar pengguna motor listrik lebih nyaman," terangnya. Dia juga mejelaskan, selain menambah SPBKLU, juga mengupayakan standarisasi baterai motor listrik, supaya semua motor listrik yang menggunakan swap atau tukar baterai bisa menggunakan jenis yang sama.

“Jenis baterai yang berbeda menjadi kendala kita. Untuk itu, kami akan terus kembangkan agar hanya ada dua atau tiga standar tipe baterai,” tambah Wilfrid. Standarisasi menurut dia bisa mempercepat perkembangan motor listrik di Indonesia.

Baca Juga: Dukung KTT ASEAN, PLN Sediakan 108 Charging Mobil Listrik Di Labuan Bajo

"Saat ini, PLN baru bekerjasama dengan Viar dan Volta. "kami ke depan juga akan melakukan diskusi dengan produsen lain mengenai standardisasi baterai motor listrik ini," paparnya.