POPULAR STORIES

PLN Siap Wujudkan Komitmen Zero Emission Tahun 2060

PLN Siap Wujudkan Komitmen Zero Emission Tahun 2060 SPKLU PLN (Foto: PLN)

KabarOto.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero siap mewujudkan komitmen Zero Emission tahun 2060 yang telah dideklarasikan pada perhelatan COP26, 1 November 2021 silam di Glasgow, Skotlandia.

Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan ekosistem hulu ke hilir kendaraan listrik tanah air. Mulai dari pembangkit listrik, hingga ke sisi pelanggan yaitu produksi dan penyediaan SPKLU juga SPBKLU yang semakin ditingkatkan.

Baca Juga: Sokonindo Automobile Bawa Merek Seres Ke Indonesia, Fokus Di Mobil Penumpang Listrik

Teranyar, PLN tengah mengembangkan SPLU Fast Charging (SPLU 2.0) dengan menggunakan plug. Guna mempermudah pengguna dalam mencari informasi seputar elektrifikasi, PLN tengah mengembangkan aplikasi bernama PLN Mobile yang bersisi deretan fitur canggih khusus Electric Vehicle hanya dalam genggaman tangan pengguna.

SPKLU dan SPBKLU PLN

Harapannya, PLN Mobile dapat menjadi aplikasi penyedia sumber informasi terpercaya bagi pengguna yang ingin mengetahui seputar lokasi dan titik SPKLU dan SPBKLU terdekat hingga informasi penuh manfaat lainnya.

“PLN menyediakan diskon untuk pengguna EV bernama home charging. Bagi pengguna EV yang melakukan pengecasan baterai di rumah pada jam 22.00 malam hingga 05.00 pagi, akan mendapatkan potongan harga 30%,” ujar Executive VP Pengembangan Produk Niaga PT PLN Persero, Ririn Rahmawardini.

Baca Juga: Intip Profil APAR Yang Diproduksi Oleh PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (Fast)

PLN juga sudah menyiapkan proyeksi roadmap untuk penyediaan SPKLU sesuai pertumbuhan realisasi jumlah EV. Dengan memperhatikan realisasi jumlah EV pada tahun 2022 sebanyak 10 ribu unit, maka PLN memproyeksikan pertumbuhan EV pada tahun 2030 mencapai sebanyak 84 ribu unit sehingga membutuhkan jumlah SPKLU sebanyak 1.600 unit.