POPULAR STORIES

Podium GT4 Jadi Hadiah Untuk Tim Balap Toyota Di Hari Kemerdekaan Indonesia

Podium GT4 Jadi Hadiah untuk Tim Balap Toyota di Hari Kemerdekaan Indonesia Podium GT4 Jadi Hadiah untuk Tim Balap Toyota di Hari Kemerdekaan Indonesia (TGRI)

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) memberikan hadiah HUT RI ke-78 dengan meraih kemenangan di ajang balap touring car kelas GT4 wilayah Asia dan Jepang, serta podium juara dari gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023.

Datang sebagai rookie, sports car Toyota GR Supra GT4 berhasil membawa pembalap TGRI Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Nonaka Seita mengharumkan nama Indonesia, meraih podium pertama Kelas GT4 Fanatec GT World Challenge Asia 2023 Seri ke-9 dan podium ketiga di Seri ke-10 di Sirkuit Okayama Jepang, Sabtu (19/8).

Prestasi membanggakan berikutnya ditorehkan oleh pembalap Jepang Takuma Aoki yang berhasil menempatkan merah putih di podium pertama Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 dengan rute melintasi negara Thailand dan Laos, 14–19 Agustus 2023.

Baca Juga: Galeri All New Toyota Alphard 2023

Podium ke-2 direbut oleh pembalap TGRI lainnya, TB Adhi di balap sejauh lebih dari 2 ribu km tersebut. Takuma dan Adhi bertarung dengan menggunakan Fortuner 2.8 GR Sport bermesin diesel.

“Dua prestasi luar biasa ini, menambah semangat TGRI untuk mencatatkan prestasi tinggi lainnya di ajang balap regional,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Haridarma Manoppo berlaga bersama pembalap Jepang Nonaka Seita, menggunakan sports car Toyota GR Supra GT4 yang sudah dimodifikasi sesuai regulasi balap Kelas GT4.

Baca Juga: Begini Spesifikasi Toyota Prius HEV Yang Mejeng Di GIIAS 2023

“Kami belum berencana untuk berlaga penuh tahun ini dan hanya ikut serta di 3 negara atau 6 seri balapan, yakni Thailand, Jepang, dan Malaysia sebagai race penutup musim ini. TGRI menargetkan untuk beradaptasi semaksimal mungkin pada kondisi aktual race GT4 yang tidak kenal kompromi, mendapatkan sebanyak mungkin data race car dan penyesuaian kami di sirkuit,” jelas pembalap TGRI Haridarma Manoppo.

Masing-masing pembalap memperoleh poin 43 dari kedua seri lomba. Prestasi ini menempatkan Haridarma Manoppo dan Nonaka Seita di posisi ke-3 Klasemen Pembalap Kelas GT4 dan TGRI di posisi ke-3 Kelas GT4 Klasemen Tim Fanatec GT World Challenge Asia 2023. Seri terakhir Fanatec GT World Challenge Asia 2023 akan diadakan di Sirkuit Sepang Malaysia, 22–24 September 2023.