POPULAR STORIES

Polda Metro Jaya Manfaatkan Drone, Pantau Kemacetan Di Jakarta

Polda Metro Jaya Manfaatkan Drone, Pantau Kemacetan di Jakarta Drone akan dijadikan alat Olda Metro Jaya untuk memantau kemacetan

KabarOto.com - Memanfaatkan teknologi terkini, Polda Metro Jaya akan menggunakan drone untuk memantau kemacetan di jalan raya Jakarta. Selain itu, drone juga akan digunakan sebagai alat pemantau demonstrasi, terutama yang berakhir dengan kericuhan.

Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, drone ini bukan ETLE, melainkan CCTV yang surveillance.

Baca Juga: Korlantas Polri Akan Pasang 166 Kamera ETLE Di 3 Polda Dan 4 Polresta

"Dengan drone, kita bisa mengamati situasi lalu lintas bila terjadi kemacetan yang cukup panjang misalnya ada unjuk rasa, kecelakaan, perbaikan jalan seberapa panjang kemacetan terjadi, ruas jalan mana saja padat nanti bisa terpantau oleh drone itu," tutur Sambodo, Rabu kemarin (17/03).

Kamera ETLE

Drone ini juga nantinya akan merekam demonstran yang melakukan tindakan anarkis, merugikan fasilitas umum dan juga fasilitas di jalan raya.

Selain menjelaskan tentang drone, menurut Sambodo, Polda Metro Jaya juga akan melaunching kamera ETLE di 98 titik di Jakarta. Dengan rincian, 57 kamera sudah dipasang, dan 41 lainnya tambahan.

Ada 10 tambahan kamera yang terpasang di 10 korider Trans Jakarta, juga di ruas tol Bekasi dan Depok, Jawa Barat.

Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan meluncurkan 30 unit ETLE mobile. Dengan ETLE mobile ini, bisa memantau situasi jalan raya secara mobile.

Baca Juga: Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Serius Terapkan ETLE

"Kamera itu bisa berpindah, di antaranya menggunakan helmet cam, kemudian dase camp atau kamera di dasbord mobil patroli dan juga body cam," ujar Sambodo.