POPULAR STORIES

Polri Tetap Rencanakan Operasi Ketupat Amankan Mudik Lebaran 2020

Polri Tetap Rencanakan Operasi Ketupat Amankan Mudik Lebaran 2020

KabarOto.com - Beberapa hari menjelang bulan ramadan, tentu mudik lebaran menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Namun, mewabahnya virus Corona atau Covid-19 membuat pro-kontra perihal mudik lebaran. Pasalnya, beberapa instansi menyarankan agar tidak mudik demi menghambat penyebaran Covid-19.

Demi memelihara keamanan khususnya di bidang lalu lintas, Polri saat ini sedang mempersiapkan perencanaan terkait arus mudik atau dikenal juga dengan Operasi Ketupat.

Baca Juga: Skenario Pemerintah Bagi Warga Yang Tetap Mudik

"Operasi Ketupat menjelang hari raya lebaran, Asops Kapolri akan merencanakan kesiapan mulai dari personel yang akan dilibatkan, cara bertindak, dan sasarannya," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu juga menyampaikan bahwa perencanaan ini baru sebatas mempersiapkan data dari semua wilayah, serta menyiapkan kegiatan apa saja saat Operasi Ketupat berlangsung. Namun, bentuk kegiatannya juga akan berbeda antar Polda satu dan lainnya.

Baca Juga: Video Review Mazda CX-8 Elite

"Bentuk kegiatan yang dilakukan tidak sama antara Polda satu dan lainnya karena ada skala prioritas yang akan dilakukan," tambahnya.

Namun, perlu diingat sampai saat ini (03/4) Presiden RI belum memberikan keputusan larangan atau diizinkannya mudik lebaran 2020. Pasalnya, mudik lebaran dikhawatir akan mempercepat penyebaran covid-19.