Populasi Kendaraan Listrik Diprediksi Mencapai 145 Juta Unit Tahun 2030

Populasi Kendaraan Listrik Diprediksi Mencapai 145 Juta Unit Tahun 2030

KabarOto.com – Tren mobil listrik terus berkembang sehingga diprediksi akan meningkat dari 11 juta unit menjadi 145 juta unit pada 2030.

Menurut laporan Badan Energi Internasioanl (IEA) mengunkapkan aka nada 230 juta unit kendaraan listrik di seluruh dunia pada 2030. Peningkatan penjualan kendaraan listrik pun terjadi pada kuartal pertama tahun ini sebesar 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Di mana, penjualan kendaraan listrik tahun lalu mencapai 3 juta unit di seluruh dunia. Sehingga populasinya mencapai 10 juta unit secara keseluruhan.

Baca Juga : Honda Rilis Teknologi Pengisian Daya Mobil Listrik Canggih

Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol mengatakan, “Penjualan kendaraan listrik sangat menggembirakan, tapi tujuan iklim dan energi membutuhkan penyerapan pasar yang lebih cepat.”

Untuk terus meningkatkan penjualan kendaraan listrik, Fatih Birol menyampaikan pemerintah Negara saat ini harus bekerjasama untuk membuat baterai dan membangun stasiun pengisian daya.

Baca Juga : Ulasan Tiga Mobil Listrik Yang Diperkenalkan Di IIMS Hybrid 2021

Menurut prediksi IEA penjualan kendaraan listrik memiliki implikasi miliaran dollar bagi industri otomotif global. Pada tahun 2020, konsumen menghabiskan uangnya sebanyak US$120 miliar untuk kendaraan listrik, atau naik 50% dibandingkan tahun sebelumnya.

Melonjaknya penjualan kendaraan listrik juga didukung dengan banyak model terbaru di segmen kendaraan elektrifikasi. Tercatat ada 370 model yang ditawarkan oleh pabrikan tahun lalu, naik 40% dibandingkan tahun 2019.