POPULAR STORIES

Porpoising Istilah Masalah Baru Mobil F1

Porpoising Istilah Masalah Baru Mobil F1 Dok : F1

KabarOto.com – Mobil Formula 1 musim memang benar-benar baru, dengan bentuk baru dan juga roda lebih besar, mulai diperkenalkan tahun ini. Namun, hal itu juga menimbulkan masalah baru yang disebut Porpoising.

Apakah itu? Porpoising diambil dari nama yang menggambarkan sebuah mobil meniru gerakan lumba-lumba saat bergerak di air.

Baca juga: Formula 1 Rusia 2022 Dibatalkan

Porpoising sendiri adalah downforce yang terhenti akibat ground effect. Mobil dalam kecepatan tinggi akan menghasilkan downforce, maka ketinggian mobil pun ikut turun. Hal ini membuat aliran udara yang masuk ke tunnel berkurang.

Saat aliran udara berkurang, maka downforce pun berkurang. Alhasil ketinggian mobil juga kembali naik, menyebabkan mobil terpental ke atas dan ke bawah ketika mencapai kecepatan tertentu di lintasan lurus, dan itu berlangsung terus-menerus.

Fenomena semacam ini terakhir kali ditemukan pada awal 1980-an, saat mobil-mobil F1 memiliki ground effect sebagai bagian dari regulasi aerodinamika.

Baca juga: Piettro Fittipaldi Jadi Pilihan Pertama Haas Gantikan Nikita Mazepin

“Mengenai mobil yang berguncang, saya pikir itu merupakan sebuah masalah pada awalnya, tapi saat ini tidak lagi. Jika kami melihat pada Kamis siang dan Jumat pagi, saya kira mobil kami sudah tidak terlalu berguncang. Namun, kami tetap mengendalikan situasi,” ujar kepala tim Scuderia Ferrari, Mattia Binotto.

Masalah porpoising ini bisa menjadi kendala serius bagi Mercedes-AMG Petronas, Scuderia Ferrari, McLaren dan Red Bull Racing, mereka sudah membuat gebrakan desain pada mobil-mobilnya. Harus segera mencarikan solusinya sebelum awal musim 2022 dimulai.