POPULAR STORIES

Piettro Fittipaldi Jadi Pilihan Pertama Haas Gantikan Nikita Mazepin

Piettro Fittipaldi Jadi Pilihan Pertama Haas Gantikan Nikita Mazepin Tim F1 Haas. Dok : Haas

KabarOto.com – Dampak invasi Rusia ke Ukraina berbuntut panjang ke tim F1 Haas. Setelah menghapus branding sponsor utama Uralkali dari mobilnya menjelang hari terakhir pengujian di Barcelona, kini pembalapnya, Nikita Mazepin terancam digantikan.

Uralkali dimiliki oleh ayah Mazepin, Dmitry Mazepin, yang telah mendukung karir balapnya hingga F1. Perusahaan Rusia tersebut sudah menjadi sponsor utama Haas sejak Mazepin bergabung dengan tim pada 2021.

Mazepin mengambil bagian dalam sesi pagi pada sesi tes pramusim hari Jumat (25/2). Tetapi kepala tim Haas, Guenther Steiner mengkonfirmasi dalam panggilan pers bahwa masa depannya perlu diselesaikan. Tim akan meninjau hubungannya dengan Uralkali minggu depan di tengah krisis yang sedang berlangsung.

Baca Juga : Formula 1 Rusia 2022 Dibatalkan

Steiner mengatakan bahwa jika Mazepin tidak dapat mengemudi lagi untuk tim, maka Haas bakal beralih ke pembalap cadangan, Pietro Fittipaldi sebagai pilihan utama.

“Jika Nikita tidak bisa mengemudi karena satu atau lain alasan, panggilan pertama akan ditujukan ke Pietro. Dia tahu timnya, dia tahu mobil yang akan digunakan untuk satu hari ke hari lainnya. Tidak ada yang lebih baik dari Pietro saat ini,” kata Steiner.

Baca Juga : Tes Pramusim F1 2022, Hari Terakhir Lewis Hamilton Tercepat

Fittipaldi punya pengalaman membuat dua start F1 dengan Haas. Keduanya terjadi pada akhir musim 2020 ketika ia menggantikan Romain Grosjean di Sakhir dan Abu Dhabi.