POPULAR STORIES

Porsche 911 Dakar Anyar Jadi Mobil Sport Jalur Offroad

Porsche 911 Dakar Anyar jadi Mobil Sport Jalur Offroad porsche

KabarOto.com - Pada 16 November 2022 di Los Angeles Auto Show, Porsche akan memperkenalkan varian 911 Dakar terbaru.

Hal tersebut diklaim akan menjadi mobil sport 2 pintu pertama yang menawarkan kemampuan off-road. Nama model tersebut mengacu pada kemenangan keseluruhan pertama oleh Porsche di reli Paris-Dakar.

Kemenangan ini terjadi pada tahun 1984 pada Porsche 911 yang dimodifikasi, dan dilengkapi dengan sistem all-wheel-drive untuk pertama kalinya.

Baca juga: Porsche Indonesia Resmi Dirikan Destination Charging Pertama Di Bandung

Faktanya, tim pengembangan menguji 911 Dakar di seluruh dunia dalam kondisi ekstrem hingga lebih dari 500 ribu km, termasuk lebih dari 10 ribu km off-road.

Jalur uji Château de Lastours di Prancis selatan, misalnya, digunakan untuk menguji penanganan mobil di jalur reli biasa dan menyempurnakan suspensi.

"Semua tim Dakar datang ke sini untuk menguji mobil mereka di Eropa sebelum reli," kata pembalap Porsche, Romain Dumas.

Baca juga: Sepak Terjang Mobil Balap Porsche World Endurance Championship Group C

Di Dubai dan Maroko, pengemudi penguji mengendarai mobil sport off-road itu ke bukit pasir setinggi 50 meter dalam suhu hingga 45 derajat Celcius berkali-kali tanpa ampun.

“Kombinasi bobot yang rendah, ground clearance yang lebih tinggi, performa mesin, dan jarak sumbu roda yang pendek membuat pengalaman berkendara yang menyenangkan. Saya bisa merasakannya sendiri saat test drive di Sahara,” ujarnya.