POPULAR STORIES

Porsche Resmi Luncurkan Taycan Di Tiga Benua

Porsche Resmi Luncurkan Taycan di Tiga Benua Porsche Taycan (Porsche)

KabarOto.com - Setelah membuat pecinta otomotif dunia penasaran terhadap sosoknya, Porsche akhirnya resmi meluncurkan mobil sport saloon listrik pertamanya, Taycan, kepada publik kemarin (04/09/2019).

Menariknya, peluncurkan (World premier) Porsche Taycan ini berlangsung serentak di tiga benua, yakni Amerika Utara, Cina, dan Eropa. "Hari ini menandai dimulainya era baru. Pasar penjualan paling penting dari mobil sport elektrik baru ini ada di tiga benua ini," ujar Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG.

Baca Juga: Mengenal Keunikan Mesin Hybrid Pada Nissan Note E-Power

Tak hanya, satu ternyata Porsche meluncurkan dua tipe sekaligus Taycan, yakni Taycan Turbo S dan Taycan Turbo. Keduanya dinilai bakal menawarkan performa khas Porsche, namun dengan kegunaan sehari-hari.

Meluncurkan dua model sekaligus

"Kami menjanjikan Porsche sejati untuk zaman elektrik mobil sport yang memukau yang tidak hanya menggairahkan dalam hal teknologi dan dinamika berkendara, tetapi juga memicu semangat pada orang-orang di seluruh dunia, seperti yang dilakukan oleh para pendahulunya," kata Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif R&D Porsche AG.

Baik Taycan Turbo S dan Taycan Turbo memiliki dua motor listrik yang diklaim sangat efisien, satu di bagian depan dan satu di belakang. Karena memiliki dua motor listrik, membuat Taycan terlahir dengan sistem penggerak all-wheel drive.

Menggunakan dua buah motor listrik

Taycan Turbo S, menjadi varian tertinggi yang dibekali tenaga hingga 560 kW (761 dk). Memiliki tenaga yang sangat besar tersebut, membuat Taycan Turbo S dapat berlari dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 2.8 detik.

Sedangkan Taycan Turbo, memiliki motor listrik yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 500 kW (680 dk). Taycan Turbo memiliki akselerasi yang lebih lambat dari Turbo S, karena dapat melaju dari posisi diam hingga 100 kpj dalam 3.2 detik. Meski begitu, kecepatan tertinggi kedua model itu dibatasi hingga 260 kpj.

Baca Juga: Test Drive BMW I8 Coupe, Sebuah Sport Car Yang Nikmat!

Bila Turbo S memiliki jangkauan hingga 412 kilometer, dalam kondisi baterai terisi penuh, untuk varian Turbo daya jelajahnya berkisar hingga 450 kilometer (menurut pengetesan yang dilakukan Porsche). Kecepatan tertinggi dari kedua model all-wheel-drive adalah 260 km/jam.

"Taycan adalah kendaraan produksi pertama dengan tegangan sistem 800 volt, bukan 400 volt biasa untuk mobil listrik. Ini adalah keuntungan khusus untuk pengemudi Taycan di jalan. Karena, hanya dalam waktu lebih dari lima menit, baterai dapat diisi penuh menggunakan arus searah (DC)," jelas Michael. Wah, kapan ya masuk Indonesia!