POPULAR STORIES

Posisi Berkendara Motor Yang Baik Agar Aman Dan Nyaman

Posisi Berkendara Motor yang Baik agar Aman dan Nyaman

KabarOto.com - Teknik dasar dalam berkendara wajib dikuasai pengendara saat di jalan raya. Salah satu hal yang diperlu dipahami adalah sistem kemudi antara pengendara dengan sepeda motor. Fungsinya, untuk mengendalikan atau mengontrol arah sepeda motor, sehinga laju sepeda motor sesuai dengan yang diinginkan pengemudi.

Posisi berkendara akan mempengaruhi kenyaman pengendara saat di jalan raya baik untuk diri sendiri maupun pengendara lain. “Kita harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh kita ketika berkendara cukup baik dan ideal," terang Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Baca juga: Touring Anti Pegal? Ikuti Tips Posisi Berkendara Motor Berikut

Ludhy pun memberikan beberapa tips posisi tubuh yang baik saat mengendarai sepeda motor agar nyaman dan aman.

1. Jari Tangan
Posisi jari tangan tetap mengepal pada stang kemudi, tidak disarankan posisi jari tangan standby pada rem depan saat berkendara. Menurut Ludhy, jika dua jari tangan stand by di rem depan, akan menimbulkan potensi bahaya. "Karena putaran gas tidak tertutup dengan maksimal, mengakibatkan titik pengereman jadi lebih jauh,” ujar Ludhy.

2. Posisi tombol atau saklar instrument setang kemudi
Demi keselamatan, posisi tombol atau saklar instrument pada setang kemudi perlu sekali-sekali diperhatikan. Dia mencontohkan, tombol lampu depan jarak dekat yang berfungsi dan matikan kembali lampu sein bila sudah berbelok.

3. Posisi Tangan
Posisi tangan jangan lurus, bagian sikut sedikit menekuk. Fungsinya untuk membantu menstabilkan tubuh, pada saat melewati jalan bergelombang atau berlubang agar pengendara dapat mengontrol stang kemudi dengan nyaman.

4. Pandangan Mata
Saat berkendara, disarankan pandangan mata melihat ke sekeliling agar dapat mengetahui kondisi di sekeliling jalan raya dilalui. Selain itu, posisi mata saat berbelok atau menikung harus melihat ke akhir tikungan untuk dapat melihat apabila adanya potensi berbahaya.

Baca juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Cara mengontrol setang kemudi yang baik, dengan memegang setang yang kuat agar saat ada guncangan di jalan bergelombang, pengendara dapat mengontrol dengan baik.
Dengan sistem kemudi yang maksimum, keinginan kita untuk melaju dan bermanuver dijalan akan kita dapatkan dengan baik agar lebih nyaman dan aman saat berkendara.