POPULAR STORIES

Potensi Terbakar, VW Recall 700Ribu Unit Tiguan Dan Touran Di Seluruh Dunia

Potensi Terbakar, VW Recall 700Ribu Unit Tiguan dan Touran di Seluruh Dunia Volkswagen Tiguan (VW)

KabarOto.com - Kabar mengejutkan datang dari produsen mobil asal Jerman, Volkswagen. Pasalnya, VW akan mengeluarkan pengumuman penarikan secara besar-besaran, untuk 700 ribu unit Tiguan dan Touran di seluruh dunia.

Menurut majalah Jerman Kfz-Betrieb, penarikan tersebut terpaksa dilakukan, karena sebelumnya pihak Volkswagen menemukan masalah terkait atap kendaraan yang dapat menimbulkan potensi kebakaran.

Panoramic roof Tiguan

Dalam beberapa kasus, faktor kelembaban dapat menyebabkan konsleting di instalasi lampu strip LED ambient yang berada di atap, sehingga menimbulkan panas. Dalam beberapa waktu, panas yang muncul tersebut dapat merusak lapisan atap. Salah seorang juru bicara Volkswagen mengatakan, untuk kasus ekstrim, hal ini bisa membuat kendaraan terbakar.

Di Jerman sendiri ada sekitar 52.500 unit dari gabungan kedua model Tiguan dan Touran, yang terkena dampak masalah tersebut. Sementara sisa dari 700 ribu ada di negara-negara Eropa dan di luar eropa.

Volkswagen menyatakan, akan mengumumkan masalah ini kepada para pemilik Tiguan dan multi purpose vehicle (MPV) Touran yang dirakit sebelum tanggal 5 Juli tahun ini.

VW Tiguan

Setelah nantinya dilakukan penarikan, rupanya VW belum memiliki solusi jitu untuk mengatasi masalah ini. Juru bicara VW mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari jalan keluar, dengan mempelajari dan melakukan pengujian.

Untuk penanganan sementara, sekaligus langkah antisipasi, Volkswagen menghimbau pada pemilik mobil yang terpengaruh kasus tersebut tetap dapat terus menggunakan mobil mereka, tetapi harus berhati-hati dan mengamati atap panoramik.

Jika mereka melihat tanda-tanda arus pendek listrik, termasuk pencahayaan ambient yang tidak berfungsi, mereka harus segera menghentikan kendaraan dan melepaskan baterai (aki).

Baca juga: Aston Martin Tunggangan James Bond Diproduksi Lagi, Harganya 51 Milliar

Beberapa masalah juga menghampiri mobil buatan Volkswagen lainnya. Sebelumnya, Tiguan generasi saat ini juga telah diambil kembali, pada awal tahun lalu di Amerika Serikat. Karena masalah dengan kantong udara dan sabuk pengaman pra-tensioner. Sebagian besar kendaraan model tahun 2017 telah diservice, bersama dengan total 5.901 Audi A4, A6, dan A7 2017, serta Golf Volkswagen 2017 dan e-Golf 2016.

Tak hanya itu, Awal bulan ini juga dilaporkan, Volkswagen mungkin harus menarik sebanyak 124.000 kendaraan listrik dan plug-in hibrida karena masalah penggunaan logam karsinogenik dalam sistem pengisian mereka.

POPULAR STORIES

HOT