POPULAR STORIES

Presiden Jokowi Himbau Masyarakat Balik Ke Jakarta Setelah Tanggal 26 April

Presiden Jokowi Himbau Masyarakat Balik ke Jakarta Setelah Tanggal 26 April Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menghimbau kepada masyarakat yang ingin kembali ke Jakarta, untuk menunda keberangkatannya untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di sekitar Tol Jakarta-Cikampek.

Jokowi juga mengungkapkan jumlah kendaraan yang mudik beberapa hari lalu, merupakan puncak dari arus mudik tertinggi sepanjang sejarah.

Namun, dirinya juga bersyukur pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat, dapat mengelola arus mudik dengan baik.

Baca Juga: Bagi Pemudik Lebaran, Ini Tips Jika Motor Sobat Susah Pindah Gigi

Ilustrasi kepadatan di pintu Tol Cikampek Utama 2

Melansir data Kementerian Perhubungan, ada 203.000 kendaraan per hari dari arah timur jalan tol Trans Jawa dan arah Bandung diperkirakan akan melewati Tol Jakarta-Cikampek. Sebagai informasi, dalam kondisi normal yang melewati jalur ini sekitar 53.000 kendaraan per hari.

"Untuk menghindari kepadatan yang terjadi pada puncak arus balik yang terjadi pada tanggal 24 dan 25 April secara bersamaan," ungkap Jokowi, dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Lamborghini Revuelto Debut Di Auto Shanghai 2023

Jokowi juga mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut, dengan menunda kepulangan hingaa tanggal 26 April 2023. Ketentuan ini juga berlaku untuk ASN, TNI/Polri, BUMN, dan pegawai swasta.

"Teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing, seperti bentuk cuti tambahan atau cuti lainnya. Bagi bapak-ibu tetap hati-hati, patuhi semua aturan dan ikuti arahan petugas di lapangan," tutup Jokowi.