POPULAR STORIES

Jaguar Land Rover Rumahkan 1.000 Pekerjanya

Jaguar Land Rover Rumahkan 1.000 Pekerjanya  Jaguar Land Rover (Telegraph)

KabarOto.com - Kabar tak menggembirakan dialami group Jaguar Land Rover, yang terpaksa harus merumahkan 1.000 pekerjanya dan merelokasi 350 staf dari pabrik Castle Bromwich ke Solihull.

Ribuan pekerja yang tidak diperbaharui kontraknya tersebut, secara perlahan akan meninggalkan pabrik JLR mulai Mei hingga Juni mendatang. Kejadian ini disebabkan penjualan JLR yang semakin menurun.

Banyak pihak yang mengkaitkan penurunan penjualan tersebut dengan kebijakan pemerintah Inggris terhadap mesin diesel. “Ini sudah menjadi suatu pertanda ‘bell alarm’ bagi pemerintah atas kebijakannya terhadap diesel,” ujar Des Quinn, salah seorang serikat pekerja.

Pabrik JLR di Solihull (Getty)

Seperti diketahui, pemerintah Inggris telah menetapkan tarif pajak yang lebih tinggi pada penjualan mobil diesel terbaru. Dalam upaya untuk menghalangi calon pembeli agar tidak memilih kendaraan yang digerakkan oleh bahan bakar solar.

“Kebingungan atas mobil diesel yang dipicu oleh pemikiran buruk melalui pengumuman menteri adalah salah satu faktor utama di balik ini. ” ucap Quinn seperti dikutip dari laman Telegraph, Selasa (17/4/2018).

Pemerintah percaya bahwa mesin solar menghasilkan lebih banyak polusi nitrogen oksida (NOx) daripada mesin bensin. Namun klaim tersebut sangat ditolak oleh industri pembuat mobil di sana. Mereka mengatakan mesin diesel terbaru memiliki emisi NOx yang sama dengan bensin dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.

Range Rover Evoque

Profesor David Bailey, seorang ahli industri otomotif di Aston University, menyebut, penurunan ini tidak mengejutkan, karena penjualan JLR turun di Inggris memiliki efek gabungan dari Brexit dan tarif pajak yang memberatkan diesel.

Ekonomi yang tidak pasti terkait Brexit, juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan karena calon pembeli lebih menahan pengeluaran belanja.

Baca Juga: Wuiihhh.. Nissan Luncurkan Sylphy Bertenaga Listrik Pekan Depan

Data resmi menunjukkan bahwa tahun lalu penjualan mobil berbahan bakar solar mencapai 42% dari jumlah registrasi mobil baru di Inggris, turun dari 47,7% pada 2016. Sedangkan data industri terbaru dari Januari hingga Maret 2018 menunjukkan pangsa pasar menurun 37,2% untuk mesin diesel.