POPULAR STORIES

Produksi Mobil Daihatsu Lebih Ramah Lingkungan Gunakan Panel Surya

Produksi Mobil Daihatsu Lebih Ramah Lingkungan Gunakan Panel Surya Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut mendukung dalam mengurangi emisi karbon dalam proses produksi mobilnya dengan memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau panel surya.

Dengan panel surya ini, total bisa menghasilkan listrik berkapasitas sebesar 3,2 Mega Watt peak (MWp) di pabrik Daihatsu di Karawang yang diresmikan pada 16 November 2023.

Proyek kerjasama antara ADM bersama PT Energia Prima Nusantara (EPN) ini merupakan kelanjutan dari fase pemasangan Panel Surya sebelumnya yang telah dimulai di Parts Center Cibitung pada 2019, dan sebagian area di Karawang Assembly Plant pada 2021 dengan total sebesar 1,2 MWp.

Baca Juga : Daihatsu Dress-Up E-Challenge 2023 Hadirkan Kontes Modifikasi Dua Dunia

Sehingga, secara keseluruhan Panel Surya ADM memiliki kapasitas total sebesar 4,4 MWp dan mampu berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon hingga kurang lebih 3.300 Ton CO2 per-tahun.

Kapasitas produksi sendiri mencapai 530.000 unit per-tahun. Bukan hanya dalam negeri, tapi kapasitas produksinya juga mampu memenuhi permintaan pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia.

Baca Juga : Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA, Tarikannya Bikin Ketagihan

“Kami bersyukur dapat menerapkan Panel Surya secara bertahap di fasilitas pabrik perakitan Daihatsu di Karawang dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Kami berharap, hal ini juga dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang positif pada lintas industri, juga menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan,” ujar Erlan Krisnaring, Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor.