POPULAR STORIES

Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA, Tarikannya Bikin Ketagihan

Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA, Tarikannya Bikin Ketagihan Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Daihatsu Rocky hadir di Indonesia dengan dua pilihan mesin yakni 4 silinder naturally aspirated 1.200 cc, dan 3 silinder 1.000 cc turbo. Walau sudah cukup lama rilis, mobil ini masih sangat menarik untuk dilirik. Beberapa waktu lalu KabarOto berkesempatan jajal performa dari Rocky 1.0 R CVT ASA. Bagaimana impresinya? Yuk kita bahas.

Soal model, mobil ini bisa dibilang cukup sporty, dengan gaya crossover, lekukan tidak terlalu agresif yang sama seperti di Jepang, dan bodi kompak, membuat tampilan Rocky tidak lekang oleh waktu.

Baca Juga : Ada Fitur Power Mode Di Daihatsu Rocky Apa Fungsinya?

Lalu soal posisi berkendara, cukup ergonomis dan nyaman karena pengaturan tempat duduk cukup komplet dengan height adjuster manual, serta setir tilt steering namun belum teleskopik. Menyetir juga tidak pegal, sebab posisi arm rest tengahnya cukup pas bagi postur 171 cm.

Bagaimana soal performanya? Sekadar info, Rocky 1.0 dibekali mesin 1KR-VET 3 silinder turbocharger berkapasitas 998 cc, sanggup memuntahkan tenaga puncak 95 dk di putaran 6.000 rpm dan torsi 149 Nm di 2.400-4.000 rpm, disambung ke transmisi CVT penggerak roda depan.

Walau dari data tenaganya tampaknya biasa saja, namun untuk pemakaian di dalam kota, tenaganya sangat mumpuni. Torsinya mengisi dari putaran bawah, dan ketika butuh akselerasi cepat tinggal kickdown saja, maka kalian akan rasakan sensasi responsif dari mesinnya.

Baca Juga : Begini Cara Ganti Tampilan Spidometer Daihatsu Rocky

Butuh respon lebih cepat saat di tol? Tinggal pencet tombol PWR di sisi kanan setir Sob, maka secara otomatis mobil akan jadi lebih cepat menaikkan rpm mesin. Lalu apakah ada turbo lag? Jawabannya, tidak sama sekali. Mungkin karena penggunaan turbo yang kecil sehingga tidak terasa sama sekali telat tenaga yang masuk.

Menanjak di kondisi curam juga Aman Sob, tidak perlu gas terlalu dalam pun Rocky 1.0 masih sanggup melibasnya tanpa ada masalah. Kesimpulannya kami tidak ada komplain soal performa mesin, mobil ini asyik dikendarai.

Hal menarik lainnya adalah konsumsi BBM-nya irit. Melewati rute jalan biasa yang padat merayap dan tol, kami berkeliling dari daerah Roxy lalu menuju Gading Serpong melewati tol Karang Tengah. Lalu kami lanjutkan perjalanan melalui jalan non tol dari Roxy ke daerah PIK, menempuh jarak kurang lebih 135 km, dan mencatat rata-rata 13,7 km/liter.

Dari segi performa mesin sudah, kita lanjut bagian kenyamanan kaki-kakinya. Untuk sebuah mobil SUV kompak, bantingannya cukup empuk, dan stabil saat bermanuver. Berbelok saat kecepatan tinggi sekitar 70-80 kpj masih aman tidak ada gejala limbung.

Bahkan ketika duduk sebagai penumpang baik di depan, dan belakang cukup nyaman, ruang kaki dan kepala masih terasa cukup, walau di belakang sayangnya tidak diberikan arm rest tengah. Melewati jalanan beton, dan berbatu pun mobil ini bisa melibasnya dengan tenang, tapi memang untuk peredaman suara, mobil ini masih belum terlalu baik. Bagian raungan mesin masih cukup terdengar, lalu suara kendaraan lain dan angin pun masih cukup masuk. Namun bisa diminimalisir bila mendengarkan lagu memakai volume sedang.

Selanjutnya soal fitur keamanan, Rocky 1.0T sudah dibekali dual airbag, rem ABS dan EBD, VSC serta ada Advanced Safety Assist (ASA) diantaranya Pre Collision Warning, dan Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, dan Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention.

Soal harga, banderol unit yang kami tes ini adalah Rocky 1.0 R CVT ASA Two Tone sekitar Rp 276,6 jutaan. Bagaimana menurut Sobat KabarOto? Dengan harga di bawah Rp 300 jutaan bisa dapat SUV kompak tenaga asyik.

Spesifikasi Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA

Harga Rp 276.650.000
Properti PT Astra Daihatsu Motor (ADM)
Dimensi 4.030 mm x 1.710 mm x 1.635 mm
Sumbu Roda 2525 mm
Mesin 1KR-VET, 3 silinder DOHC turbo, berkapasitas 998 cc
Tenaga 95 dk pada 6.000 rpm
Torsi 149 Nm pada 2.000 - 4.000 rpm
Transmisi CVT
BBM RON 92
Konsumsi BBM 13,7 - 19,5 km/l
Rem Cakram di depan dan tromol di belakang.
Suspensi MacPherson strut di depan dan multi link di belakang
Rute perjalanan Roxy - Gading Serpong, Roxy - PIK 2
Jarak tempuh 58 km (Tol), 72 km (Non tol)
Kapasitas BBM 36 liter
Pelek dan ban 17 inci, 205/50 R17