POPULAR STORIES

Profil All New Daihatsu Ayla R ADS

Profil All New Daihatsu Ayla R ADS Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Daihatsu memperkenalkan All New Ayla untuk pertama kalinya sejak generasi pertamanya 10 tahun lalu. Mobil yang seluruhnya dikembangkan di Indonesia ini hadir dengan tampilan baru, mesin, hingga beberapa fitur tambahan.

Mulai dari bagian eksterior, tampilan Ayla lebih mirip saudara kembarnya Perodua Axia. Tarikan garis bodi mobil ini jadi lebih tegas, dan dimensinya tampaknya lebih panjang sedikit ketimbang sebelumnya.

Untuk di tipe R ADS ini, menggunakan model headlamp LED multireflektor, dengan LED DRL di bagian bawahnya. Lalu desain gril juga cukup sporty dengan warna hitam glossy, dan desain efek 3D, serta di sini kita sadari kalau Ayla masih bermain di sektor LCGC dari emblemnya.

Baca Juga : All New Daihatsu Ayla Mobil Asli Buatan Indonesia

Di bagian bawahnya tidak ada lagi foglamp, hanya positioning lamp sebagai pemanis. Serta aksen karbon di bagian bawahnya memberikan kesan lebih eksklusif.

Di sisi samping, Ayla sudah dilengkapi aksesori berupa talang air, serta teknologi keyless entry. Serta bisa kita lihat sebagai pemanis stiker karbon ADS di bagian bawah pintu.

Soal kaki-kaki pelek Ayla menggunakan model palang 8 finishing gun metal gelap, ukurannya 14 inci dibalut ban ukuran 175/65 R14. Sistem rem cakram di depan, dan tromol di belakang, dengan suspensi model MacPherson strut di depan, dan torsion beam di belakang.

Baca Juga : Ini Fitur Keselamatan Baru All New Daihatsu Ayla

Lanjut ke belakang, terdapat spoiler kecil sebagai pemanis tampilan. Jendela belakangnya belum ada fitur defogger, namun sudah ada wiper. Model stoplamp-nya cukup sederhana, tapi masih menggunakan halogen, padahal sebelumnya sudah LED, serta ada aksen tambahan sehingga tampak lebih panjang.

Menggendong mesin baru 1.2 WA-VE 3 silinder 1.198 cc naturally aspirated yang sama seperti Rocky, dengan tenaga 88 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 113 Nm di 4.500 rpm. Dikombinasi transmisi baru D-CVT, penggerak depan yang lebih responsif sekitar 15% dan efisien BBM 10%. Lalu mesin 1KR-DE 1.000 cc dengan tenaga 65 dk, dan torsi 86 Nm pun masih tersedia sebagai pilihan.

Interior All New Daihatsu Ayla. Dok : Astra Daihatsu.

Sementara bagian interior, tampilannya cukup berubah total dengan dominasi warna hitam dan bahan masih plastik. Bagian spidometer menggunakan model analog, dan layar MID kecil warna amber di sisi kanan. Lalu diperlihatkan headunit sudah layar monitor dengan fitur lengkap termasuk Android Auto dan Apple Carplay, serta AC digital. Kelengkapan lainnya adalah fitur start stop engine, dengan VSC (Vehicle Stability Control), serta HSA (Hill Start Assist).

Soal kapan Ayla mulai dijual dan berapa harganya belum ada bocoran dari pihak Astra Daihatsu.