POPULAR STORIES

Profil BMW X3 M Competition 2022

Profil BMW X3 M Competition 2022 Kipli

KabarOto.com - BMW Indonesia dan BMW Eurokars baru saja hadirkan penyegaran model untuk kendaraan performa tinggi di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupé (SAC) yakni New BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Sebelum mengupas profil detail dari X4 M Competition, simak dulu ulasan tentang profil tipe X3 M berikut ini.

Mesin 6 silinder segaris di BMW X3 M Competition klaimnya dilengkapi dengan crankshaft ringan yang ditempa dari model BMW M3. Diklaim untuk yang tahan torsi, mobil ini juga memiliki bobot ringan.

Sistem pendingin mesinnya menggunakan dua radiator yang diposisikan secara lateral selain radiator tengah. Ada juga pendingin oli mesin tambahan dan pendingin oli transmisi terpisah.

Wadah oli klaimnya juga dioptimalkan untuk bobot memiliki dua ruang terpisah dan saluran yang terstruktur rapi. Fitur tersebut memungkinkan pompa oli yang dikendalikan sebagai penyangga volume.

Dengan cara tersebut, BMW meyakini pasokan oli yang dapat dijamin setiap saat, bahkan selama akselerasi longitudinal dan lateral yang ekstrem.

Baca juga: Peringati 50 Tahun M Series, BMW Group Indonesia Resmi Luncurkan X3 M Dan X4 M Competition

BMW X3 M Competition catatkan tenaga sebesar 510 dk dengan kenaikan torsi dari generasi sebelumnya dari 600 Nm menjadi 650 Nm.

X3 M klaimnya dapat melesat dari 0-100 kpj dalam waktu 3,7 detik dari 4 detik di model sebelumnya, dengan kecepatan maksimum kedua model adalah 250 kpj yang dibatasi elektronik.

Sistem knalpot sport BMW M standar di BMW X3 M Competition diklaim sangat nyaring, terutama saat di bawah beban berat dan pada putaran mesin tinggi. Namun, katup atau flap variabel dari sistem pembuangan M sports tersebut memungkinkan produksi suara yang sangat bervariasi.

Tenaga ditransmisikan ke roda belakang melalui transmisi Steptronic M 8-percepatan dengan Drivelogic.

Selain gear selector M baru di konsol tengah, paddle shift di setir juga tersedia untuk tujuan ini. Dalam mode manual, beberapa perpindahan gear ke bawah dapat dilakukan ke gear serendah mungkin sehingga dapat memanfaatkan torsi drag engine untuk tujuan pengereman.

Tipe tersebut menggunakan sistem all-wheel-drive M xDrive baru. Sistem M xDrive memiliki bias di roda belakang.

Sasisnya dapat diatur lewat tombol untuk memanfaatkan tenaga mesin dan suspensi atau kaki-kaki.

Pengeremannya dilengkapi ukuran 395 mm 4 piston di depan dan 370 mm single piston di belakang sehingga klaimnya mampu mengurangi beban rotasi roda sebesar kurang lebih 6,5 kg.

Baca juga: Baru Diluncurkan, Stok BMW Seri 5 Touring (Wagon) Nyaris Ludes?

Sistem DSC (Dynamic Stability Control) memungkinkan putaran slip roda yang dikendalikan dalam M Dynamic Mode dan dapat dimatikan.

BMW kidney grille yang lebih besar dan bagian depan masih menunjukkan eksistensinya di model ini yang diperbesar dengan kerangka one-piece dan lampu depan yang sekarang sekitar 10 mm lebih rata, sama seperti BMW X3 terbaru.

BMW Laser Light dengan jangkauan hingga 650 meter kini juga tersedia sebagai tambahan opsional. Salah satu fitur yang sangat mencolok adalah air intake samping yang baru, diatur secara vertikal dan memanjang.

Bagian bawah apron belakang dibalut warna black high gloss. Diffuser besar diapit di kanan dan kiri oleh sepasang knalpot dengan finishing krom hitam.

Selain M Carbon Black metallic dan M Brooklyn Grey metallic, ada dua cat baru yang dihadirkan khusus untuk model M Competition seri X3 dan X4, yaitu M Marina Bay Blue metallic dan M Sao Paulo Yellow.

BMW X3 M Competition hadir dengan jok sport, sandaran kepala yang dapat diatur secara elektrik dan logo M yang menyala sebagai standar.

Ventilasi udara memiliki trim galvanis baru, trim interior sekarang diberikan finishing dalam aluminium Rhombicle gelap sebagai standar. Setir kemudi kulit M juga menjadi standar mobil ini.

Control Display 12,3 inci yang kini dipasang sebagai standar. Tampilan instrumen digital menawarkan M View dengan tampilan khusus yang diadopsi dari model BMW M8.

Sandaran punggung bagian belakang punya konfiguras 40: 20: 40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter di BMW X3 M dan 1.430 liter di BMW X4 M.

BMW X3 M Competition ditawarkan dengan harga Rp 2,117 miliar off-the-road. Simak galeri fotonya di bawah ini ya!