POPULAR STORIES

Profil - Daihatsu Luxio

Profil - Daihatsu Luxio Daihatsu Luxio (Deni/KO)

KabarOto.com - Daihatsu Luxio menjadi salah satu produk Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk dapat terus bertarung di ketatnya persaingan pasar otomotif Tanah Air. Wagon yang mampu menampung delapan orang penumpang ini terbilang cukup mendapatkan animo positif dari para pecinta mobil keluarga di Indonesia.

Daihatsu Luxio sendiri dibangun dari platform saudara kandungnya, Daihatsu Gran Max. Namun dengan target pasar yang berbeda, Gran Max mengincar komersial, sementara Daihatsu Luxio lebih menyasar kepada segmen mobil keluarga. Secara tampilan, Daihatsu Luxio tentunya memiliki tampilan yang jauh lebih mewah dari saudaranya itu.

Mobil yang pertama kali meluncur di tahun 2009 lalu ini, memiliki basis penggemar yang cukup tinggi. Mobil yang memiliki tagline sahabat keluarga itu nyatanya mampu menarik perhatian pecinta otomotif dengan membawa desain body yang begitu slim dan mampu menampung penumpang dengan jumlah besar beserta barang bawaannya.

Daihatsu Luxio

Baca juga: Tips Menjaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Setelah Mudik Ala Daihatsu

Eksterior

Daihatsu Luxio memiliki tampilan yang modern dan stylish, dengan mengusung gril empat lapis aksen krom yang menyatu dengan headlamp. Luxio telah dilengkapi dengan headlamp multi reflektor yang terlihat modern, serta dilengkapi dengan teknologi HD yang menyajikan pencahayaan maksimal.

Untuk menunjang tampilan, Daihatsu Luxio model yang saat ini beredar memiliki bumper yang terlihat besar dengan variasi rongga udara yang juga berukuran besar dibagian tengah. Kehadiran bumper itu, menyajikan kesan aerodinamis yang baik, serta didukung dengan foglamp untuk menunjang tampilan, dan juga memberikan tambahan pencahayaan ketika mengemudi di malam hari ataupun menghadapi hujan yang lebat.

Daihatsu Luxio juga didukung dengan hadirnya pintu model slidding door untuk menunjang kesan elegan. Mobil ini juga dilengkapi dengan tambahan line body moulding dan rail cover yang beraksen krom untuk menambah kesan mewah kian terasa.

Pada bagian belakangnya, kesan elegan pun terasa berkat hadirnya sejumlah aksen krom di beberapa bagian seperti yang menyatu pada rear combination lamp. Tak hanya itu, stop lamp yang tersedia juga nampak begitu cantik. Sebagai penambah, disematkan pula lampu berukuran kecil di bagian bumper belakang untuk memberikan aksen bright.

Daihatsu Luxio

Interior

Mobil ini memiliki dimensi yang cukup luas yakni dengan panjang 4215 mm, lebar 1710 mm, dan tinggi 1915 mm, dengan skema kursi 2-3-3. Daihatsu Luxio juga didukung dasbor dengan konsep in-dash-shift-knob, atau persneling yang berada di dasbor. Dengan begitu, pengemudi jadi lebih mudah menjangkau persneling yang berada dibagian tengah dasbor.

Untuk varian teratas, Luxio juga hadir dengan fitur hiburan modern, melalui hadirnya head unit layar sentuh, lohh! Dengan konsep minimalis yang siap menunjang kebutuhan di saat perjalanan. Di samping itu, tersemat pula fitur AC berbentuk vertical di sisi kiri dan kanan head unit yang siap suguhkan kesejukan ke seluruh bagian kabin.

Mesin

Daihatsu Luxio dipersenjatai dengan mesin 1.500 cc 3SZ-VE 16V DOHC VVT-i. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 96 dk di 6000 rpm dan torsi 134 Nm. Mesin itu disalurkan melalui dua pilihan transmisi yakni 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Untuk transmisi otomatis, telah dilengkapi dengan gigi tertinggi buat “overdrive” (OD). Untuk merasakan performa lebih, pengemudi cukup menekan tombol OD jempol tangan kiri. Pengemudi juga harus menekan pedal gas lebih dalam atau "kick down" untuk dapat merasakan performa lebih dari Daihatsu Luxio.

Baca juga: Profil - Daihatsu Sigra

Sekadar informasi, Daihatsu Luxio ditawarkan dalam tiga varian yakni D (MT), X (MT) dan X (AT) serta 5 pilihan warna mulai dari Icy White, Midnight Black Metallic, Classic Silver Metallic, Dark Grey Metallic, hingga Sonic Blue Metallic.

Mobil ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 193,3 hingga Rp 218,55 Juta.

Berikut spesifikasi Daihatsu Luxio:

Mesin 1.500 cc 3SZ-VE 16V DOHC VVT-i
Tenaga 96 dk
Torsi 134 Nm
Transmisi 5-Percepatan Manual/4-Percepatan Otomatis
P x L x T 4215 mm x 1710 mm x 1915 mm
Ground Clearance 180 mm
Wheelbase 2.650 mm
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut/Multi Link
Pelek dan Ban Radial 195/65 R15
Kapasitas Tangki BBM (liter) 43 L