POPULAR STORIES

Profil Esemka Bima EV, Mobil Listrik Tiongkok Jadi Mobil Nasional

Profil Esemka Bima EV, Mobil Listrik Tiongkok jadi Mobil Nasional Esemka Bima EV (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Solo Manufaktur Kreasi menghadirkan Esemka Bima EV dalam bentuk Cargo Van dan Passanger Van. Di mana, mobil listrik ini merupakan hasil kerjasama dengan pabrikan mobil asal Tiongkok.

Sebagai informasi, Esemka Bima EV punya kembaran bernama X30LEV yang kebetulan mobil listrik asal Tiongkok yang ditawarkan dalam dua varian, yakni cargo van dan passanger van.

Secara desain pun sangat mirip, hanya beberapa perbedaan yang terlihat, seperti bagian gril X30LEV berupa palang vertikal warna putih sedangkan Bima EV palang horizontal warna hitam.

Secara dimensi, Esemka Bima EV memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Varian Passanger Van diklaim mampu menampung 11 penumpang, sedangkan varian Cargo Vab memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang.

Baca juga: Esemka Bima EV Punya Kembaran Asal Tiongkok

Dimensinya memungkinkan untuk menjadi mobil travel

Fascia depan menampilkan fascia depan dengan gril lebar berwarna depan. Lampu utama depan sudah memakai adjustable head projection lamp dan juga dilengkapi dengan dua buah lampu kabut di bumper. Lampu sein Bima EV sudah tersemat di bagian spion sehingga tampak lebih modern.

Selain itu, pelek kaleng 14 inci yang dibungkus ban berukuran 175/65 R14 melengkapi bagian kaki-kaki. Esemka Bima EV memiliki berat kotor 1.537 kg untuk varian minibus dan 1.431 kg untuk varian blind van dengan berat total keduanya sebesar 2.350 kg. Mobil ini juga memiliki kapasitas muatan sekitar 900 kg di kedua variannya.

Area dasbor menampilkan desain sederhana

Baca juga: Esemka Bima EV Ditargetkan Terjual 10.000 Unit, Inden 3-4 Bulan

Masuk ke area interior, Esemka Bima EV menghadirkan desain kabin sederhana dan ergonomis. Mulai dari dasbor hingga jok, kabin mobil ini didominasi dengan aksen warna abu-abu dengan jok berbahan material fabrik.

Area dasbor dilengkapi dengan beragam fitur sederhana mulai dari head unit, Cigarette Lighter, Portable Adapter Charging serta memiliki panel intrumen digital dan tuas transmisi model kenop menambah kesan modern.

pengoperasian transmisi model kenop

Bergantung pada variannya, mobil listrik pertama Esemka ini memiliki fitur air conditioner (AC) single blower yang hanya terdapat pada varian blind van dan AC double blower yang hanya terdapat pada model minibus atau people carrier.

Untuk melengkapi, tersedia fitur seperti central lock, rem ABS + EBD, Hill Start Assist, power steering elektrik (EPS). Berdasarkan jumlah kursi versi blind van hanya memiliki dua buah kursi di baris depan, sedangkan versi minibus memiliki 5 – 11 buah kursi penumpang termasuk dengan kursi pengemudi.

AC double blower

Baca juga: Esemka Bima EV Berstatus CBU Dari Tiongkok

Soal performa, mobil listrik ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Tenaga maksimal yang dihasilkan 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm. Tenaga ini disalurkan motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear.

Tampilan belakang mengotak

Esemka Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V. Baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam. Baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya.

Terakhir soal harga, Esemka Bima EV ini sudah resmi dipasarkan di Indonesia Rp 540 juta untuk model minibus atau people carrier dan Rp 530 juta untuk model blind van.