Profil Ferrari 488 Pista

Profil Ferrari 488 Pista Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Ferrari 488 punya varian lebih bertenaga yang dinamakan Pista. Ferrari bermesin V8, seperti 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale yang banyak mendapat pujian dalam hal performa dan handling luar biasa.

Dibandingkan dengan 488 GTB, model Pista lebih ringan sekitar 90 kg, sehingga bobot keringnya sekitar 1.280 kg. Soal dimensi, panjangnya sekitar 4.568 mm, lebar 1.952 mm, dan tinggi 1.213 mm.

Baca juga: Para Sultan, TDA Luxury Toys Siap Hadirkan Mobil Impian Kamu!

Pista punya livery tambahan dari bagian bumper depan hingga ke kap belakang. Dengan lampu utama reflektor hitam, lalu mengandalkan projektor LED, berikut DRL LED vertikal di atasnya.

Bumper depan memiliki lekukan aerokit berbahan karbon untuk memastikan aliran angin lebih dinamis. Lalu ada air dam yang tembus dari bumper hingga ke kap bagasi depan, demi memastikan efek downforce-nya. Sementara isi kap depan adalah ban serep sementara, bukan full size.

Dari sisi samping 488 Pista mendapatkan pelek model V spoke ukuran 20 inci finishing abu-abu gelap. Berbalut ban Michelin Pilot Sport Cup 2 ukuran belang 245/35 R20 di depan, dan 305/30 R20 di belakang.

Dibalik peleknya, ada kaliper besar berwarna merah, dan piringan rem berbahan karbon keramik. Sistem rem ini tentunya lebih cepat melepas panas, dan konsisten memberikan daya pengereman saat suhu tinggi.

Lalu di bagian bodi Pista hadir dengan side skirt karbon yang lebih dinamis. Lalu sistem pembukaan pintunya pun unik, karena gagangnya tampak seperti winglet. Serta intake ditempatkan di fender belakang, langsung mengarah ke ruang mesin.

Bergeser ke belakang, desain sayapnya dibuat terintegrasi seperti ducktail kecil mengarahkan angin ke atas. Model lampu rem membulat, dengan sein di tengahnya. Serta di bumper belakang disematkan diffuser tegas, dan lampu rem ketiga seperti mobil F1.

Soal mesin, 488 Pista menggunakan konfigurasi mesin tengah V8 twin turbocharger, berkapasitas 3.900 cc. Output tenaganya pun lebih besar dari versi 488 standar, yakni 720 dk pada 8000 rpm, dan torsi 770 Nm pada 3000 rpm. Disambung ke transmisi kopling ganda 7 percepatan, menghasilkan akselerasi dari diam hingga 100 kpj tuntas dalam waktu 2,8 detik, sementara 0-200 kpj sekitar 7,6 detik, dan kecepatan tingginya mencapai 340 kpj.

Mengakses ke kabinnya, 488 Pista sudah menggunakan jendala frameless. Lalu terlihat balutan bahan suede dengan perpaduan warna merah, hitam dan aksen putih di dasbor. Aksen karbon juga wajib hadir menghiasi hampir seluruh bagian seperti doortrim, dasbor, konsol tengah, setir hingga joknya.

Baca Juga : Beli Mobil Mewah Bekas Di TDA Luxury Toys Bikin Kustomer Nyaman!

Panel instrumen menampilkan spidometer analog di tengah dengan MID kecil. Serta layar mobil di bagian kanan dan kirinya. Berfokus semua ke pengemudi, pengaturan hampir semuanya di bagian setir baik klakson, wiper, sein, tombol start/stop, pengaturan suspensi, lampu jauh, hingga mode berkendaranya.

Sementara sistem perpindahan gigi menggunakan paddle shift di belakang setir. Pengaturan AC sudah dual zone walau modelnya belum digital. Dengan panel tengah unik untuk mengatur gigi mundur, auto, dan launch control, begitu juga tombol hazard, dan power window, semuanya mudah diakses oleh pengemudi.

Ferrari juga menyematkan teknologi Side Slip Control System (SSC 6.0) dengan e-diff, dan SCM-E dampers, membuat tenaga mobil lebih mudah dikontrol dan handling lebih presisi saat berkendara saat di trek. Lalu Ferrari Dynamic Enhancer (FDE) bisa aktif saat mode berkendara Ferrari di posisi CT-OFF, demi mengatur tingkat pengereman di masing-masing roda, sehingga mobil lebih responsif ketika menikung.