POPULAR STORIES

Profil Haval Jolion Versi Internal Combustion Engine

Profil Haval Jolion Versi Internal Combustion Engine Haval Jolion (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Great Wall Motor hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 membawa Haval Jolion dengan dua tipe mesin, yakni Internal Combustion Engine (ICE) atau mesin biasa dan Hybrid Electric Vehicle (HEV). Kali ini, kita akan membahas versi ICE lebih dulu. Yuk kita ulas!

Haval Jolion ICE memiliki dimensi panjang sekitar 4.472 mm, lebar 1.841 mm, dan tinggi 1.619 mm. Jarak antara sumbu roda 2.700 mm dan bobot mencapai 1.345 kg.

Tampilan Jolion terkesan cukup mewah. Tampak depan mobil sudah menggunakan lampu depan teknologi LED proyektor, dengan LED DRL panjang menyatu hingga bagian bawah. Tampilan gril menerapkan aksen horizontal krom sehingga punya kesan tegas, serta bumper bagian bawah memiliki aksen krom.

Dari samping, Haval Jolion punya bodi yang gagah khas SUV modern, dengan tambahan roof rail, serta side body moulding krom di bagian pintu. Peleknya model multi spoke, finishing dual tone ukuran 18 inci, dibalut ban ukuran 225/55 R18.

Sementara sistem rem baik di depan dan belakang dibekali model cakram. Lalu suspensinya menerapkan model MacPherson di depan dan torsion beam di bagian belakang.

Desain bodi belakang Jolion juga tampak seperti mobil Eropa yang ringkas. Spoilernya kecil, dengan model lampu rem LED bar seperti huruf T. Kesan gagah semakin tegas dengan logo Haval di bagian tengah. Ditambah bumper belakang memiliki aksen hitam semacam diffuser dengan aksen krom.

Jantung pacu dari mobil ini menerapkan mesin 4 silinder 1.500 cc turbo, tenaganya total 148 dk dan torsi 220 Nm, disambung ke transmisi 7 percepatan kopling ganda penggerak depan.

Masuk ke kabinnya, kesannya lebih mewah dengan menerapkan kombinasi 3 warna, yakni hitam, lalu putih yang membalut bagian dasbor, jok, doortrim, tombol klakson, pilar dan plafonnya. Serta aksen emas hiasi jahitan, setir, bagian tengah dasbor, doortrim, dan panel transmisi di tengah.

Jok sudah berlapis kulit dengan pengaturan elektrik, posisi duduk dan posisi setir pun semua dapat diatur jadi lebih ergonomis, namun belum ada fitur memory seat.

Lalu dilengkapi spidometer digital full color 7 inci untuk menampilkan seluruh informasi kondisi mobil, dan ada head up display juga ukuran 8,6 inci. Sementara fitur hiburannya menggunakan layar terintegrasi ukuran 12,3 inci yang sudah dibekali Android Auto dan Apple Carplay, dan 6 titik speaker.

Di bawahnya ada AC digital yang dapat diakses tombol sentuh. Lalu bawahnya lagi ada tempat pengisian wireless, serta panel transmisi model rotary ala mobil mewah, serta fitur parkir elektrik. Disematkan pula dua cup holder, dan ruang penyimpanan tertutup di bagian tengah.

Lanjut ke bagian belakang, terdapat sandaran tengah dengan dua cup holder. Serta panel AC tengah dan soket pengisian. Akses ke bagasi pun mudah, pelipatannya 60:40 dan terdapat separator penutup privasi. Soal kapasitas bagasinya sekitar 430 liter.

Fitur kenyamanan dan keselamatannya komplet, mulai dari 6 airbag, ABS, EBD, Electronic Stability System (ESC), Traction Control (TCS), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Intelligent Cruise dan Traffic Jam Assist, Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Centre Keeping (LCK), Hill Decent (HDC) dan Uphill Assist (HHC).

Ada juga Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Pre-Collision Warning and Automatic Emergency Braking (AEB Pedestrian and Cyclist), Traffic Sign Recognition (TSR), Blind Spot Detection dengan Rear Cross Traffic Alert dan Lane Change Assist, 360 kamera.