Profil – Hyundai Grand I10 GLX

Profil – Hyundai Grand i10 GLX

KabarOto.com – Berbicara sektor city car memang menarik, mobil berukuran kompak yang biasanya dikemudikan hanya 1 orang atau cukup untuk keluarga kecil ini, memang jadi opsi lain untuk penggunaan sehari-hari selain MPV.

Bodi kecil menjadi nilai tambah sebuah city car, untuk menyalip dan memasuki gang sempit demi menghindari kemacetan Indonesia. Tidak hanya itu, city car juga dibuat agar memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien dengan pengendaraan yang masih asik untuk rute dalam kota.

Baca juga : Wow! Hyundai Pamerkan Armypedia Untuk Fans BTS

Kali ini, KabarOto akan membahas profil city car asal Korea, yaitu Hyundai Grand i10. Seperti apa bentuk? Langsung saja kita bahas.

Eksterior

Hyundai i10 memiliki kelebihan pada desain yang cukup sporty nih, pengunaan bumper dengan lekukan agresif dan model air dam yang cukup besar membuat tampilan depan jadi gahar. Serta pada bagian kanan-kirinya terdapat fog lamp berpadu DRL LED dengan cover yang memiliki lubang udara.

Sementara sistem penerangannya, i10 menggunakan lampu halogen biasa dengan crystal multireflector, lengkap bersama lampu senja, dan sein.

Untuk bodi samping, mobil ini akan dihiasi oleh side body moulding berbahan plastik, dan pelek ukuran 14 inci dengan model palang 4 dual-tone color, berbalut ban Hankook Kinery Ex berukuran 165/65 R14.

Sistem pengeremannya pun masih sama dengan rival sekelasnya, menggunakan depan cakram dan belakang tromol.

Lalu beralih ke belakang, bentuk i10 dibuat lebih kalem dan mengotak dengan spoiler kecil dan lampu high mount stop lamp LED. Desain lampu remnya terkesan sedikit jadul, karena tidak mengalami perubahan walau ini versi facelift. Namun, hal tersebut ditolong oleh bumper yang memiliki model seperti Suzuki Ignis dengan cover plastik hitam besar, lengkap reflektor mata kucing bulat pada setiap ujungnya.

Mesin

Saat membuka kap mesin mobil kecil ini, KabarOto sempat terkejut karena bobot kap yang cukup berat, mungkin plat bodi i10 dibuat cukup tebal. Ruang mesin juga cukup rapi karena sudah dicat sewarna bodi.

Jantung mekanis i10 menggunakan mesin Kappa 1.25 MPI D – VVT 1.248 cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 86 dk, dan torsi 114 Nm, mesin yang juga digunakan pada Kia Picanto. Dari tenaga tersebut disalurkan oleh transmisi 4 percepatan otomatis shiftronic ke roda depan. Dari catatan diatas kertas, mobil ini bisa berakselerasi 0-100 kpj hanya dalam 12,9 detik saja loh.

Interior

Masuk kedalam kabin Grand i10, kita akan disambut kombinasi warna perpaduan hitam-beige, dan jok fabric dengan motif abstrak yang unik. Saat duduk, KabarOto merasakan jok i10 ini lumayan empuk serta mampu menopang badan pengemudi dengan baik. Pada sisi pintu pengemudi juga sudah lengkap dengan pengaturan electric power window, window lock, power door lock, dan pengaturan spion electric.

Bagian setir cukup enak digenggam, namun masih sedikit tertinggal dengan rivalnya karena belum memiliki audio steering switch, dan hanya ada pengaturan speedometer. Sementara speedometer masih menggunakan analog dengan layar monokrom kecil saja.

Baca juga : Hyundai Siapkan Amunisi Baru Untuk Perkuat Pasar Mereka Di Indonesia

Untuk fiturnya, i10 sudah dilengkapi dengan headunit double din dari Clarion CX201A yang belum layar monitor. Penggunaan AC juga masih model putar, tapi asiknya ada arah semburan lengkap dengan pemanas walau di Indonesia fitur ini tidak begitu dibutuhkan.

Sisi row kedua juga masih cukup lega dengan posisi kemudi yang sudah diatur agak mundur. Uniknya, baris kedua ini memiliki ventilasi AC seperti kepunyaan Sigra atau Calya, yang menyalurkan udara dingin dari depan ke belakang. Fitur ini cukup unik dimana i10 satu-satunya dikelas city car yang memilikinya.

Soal kepraktisan, i10 juga memiliki ruang penyimpanan yang cukup banyak kok, setiap pintu memiliki cup holder dan door pocket yang cukup besar, lalu ada ruang penyimpanan tertutup di bagian depan sisi penumpang. Bagasinya juga cukup besar dan lengkap dengan lampu penerangan bagasi.

Harga dari Hyundai Grand i10 sebagai berikut :

NEW GRAND i-10 X MT Rp. 183.500.000

NEW GRAND i-10 GLX MT Rp. 178.500.000

NEW GRAND i-10 GLX AT Rp. 201.500.000

NEW GRAND i-10 X AT Rp. 206.500.000