POPULAR STORIES

Profil KIA Niro EV

Profil KIA Niro EV KIA Niro EV (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – PT Kreta Indo Artha (KIA) membawa dua model mobil listrik, salah satunya KIA Niro EV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini memberikan kejutan dengan membawa line-up mobil listrik mereka salah satunya KIA Niro EV.

Dari segi eksterior, crossover ini memiliki desain modern dan unik. Bumper depan yang sporty dipadukan dengan aksen silver dan hitam. Pada bagian lampu, memiliki housing yang unik dengan DRL LED berbentuk nomor 7 serta lampu utama LED proyektor. Adapun, tempat pengisian daya baterai yang diletakan di bagian tengah bumper.

Baca juga: Profil KIA EV6 GT-Line

Pada bagian samping, aksen hitam glos ioni menyambung ke bagian over fender dan bagian bawah pintu. Aksen krom hanya terdapat pada window line saja. Pelek berukuran 17 inci, desain model seperti bunga lima palang dengan finishing two-tone ini dibalut ban Contonental Eco Contact 6 Q dengan profil 215/55 R17.

Beralih ke belakang, lampu belakang sudah full LED berbentuk seperti bumerang ini terletak di pilar D. Terdapat spoiler yang terintegrasi dengan pintu bagasi. Pada bagian bumper, terdapat rear foglamp, lampu sein, dan lampu mundur. Pada bagian bumper, memiliki aksen hitam mengkilap yang menegaskan kesan elegan.

Masuk ke interior, desain dasbornya terlihat modern dan sporty. Pada lingkar kemudi dengan model dua palang, memiliki tombol pengaturan adaptive cruise control dan MID sebelah kiri dan tombol pengaturan audio di sebelah kanan.

Baca juga: Profil All New Nissan Leaf Baru Lebih Futuristik

Untuk bagian instrumen kluster sudah full LCD 10,25 inci yang dapat memunculkan berbagai informasi. Head unit belum model layar besar tetapi sudah dilengkapi dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Pada bagian dasbor terdapat ambient light yang dapat diatur warnannya sesuai selera.

Pada bagian panel tengah, terlihat tuas transmisi model knob putar yang disandingkan dengan beberapa tombol pengaturan seperti pemanas dan pendingin kursi, pemanas setir, auto hold, sensor parkir, dan camera 360. Untuk baris kedua, ruang kepala cukup lega meskipun posisi duduknya sedikit tegak. Untuk semua kursi sudah dibalut dengan kulit yang dipadukan dengan suede.

Soal ruang bagasi, KIA Niro EV ini memiliki kapasitas sekitar 451 liter jika kursi baris kedua dalam keadaan tegak. Jika, kursi dilipat kapasitasnya meningkat menjadi 1,405 liter. Untuk dimensi sendiri, mobil ini memiliki panjang 4,420 mm lebar 1,825 mm dan tinggi 1,545 mm. Sementara, untuk jarak sumbu roda sekitar 2,720 mm dengan bobot kering 1,4 ton.

Baca juga: Melihat 3 Mobil Honda Racing Indonesia Di GIIAS 2022

Mobil listrik ini sudah dibekali fitur keselamatan 8 titik Airbags, dan paket Advance Driver Asisstance System (ADAS) yang meliputi Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Manual Speed Limit Assist (MSLA), dan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).

Soal performa, KIA Niro EV dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang menghasilkan tenaga 203 dk dengan torsi 255 Nm. Motor listrik ini didukung oleh paket baterai 64,8 kWh. Dalam keadaan penuh, pihak KIA klaim mobil ini dapat menempuh jarak hingga 463 km.

Untuk harga sendiri, pihak KIA Indonesia memperkirakan harganya mencapai Rp 800 jutaan. Untuk Sobat KabarOto yang sudah memesan mobil ini pada ajang GIIAS 2022 akan mendapatkan unitnya pada awal tahun 2023 mendatang.