Profil KIA EV6 GT-Line

Profil KIA EV6 GT-Line KIA EV6 GT-Line (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – PT Kreta Indo Artha (KIA) membawa lima model terbaru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, salah satunya KIA EV6 GT-Line.

Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini membuat gebrakan dengan membawa line-up mobil listrik mereka salah satunya KIA EV6 GT-Line. Mobil ini menggunakan platform E-GMP yang sama dengan saudaranya yaitu Hyundai Ioniq 5.

Baca juga: KIA Niro EV Dan EV6 GT-Line Kini Sudah Bisa Dipesan Di GIIAS 2022, Ini Perkiraan Harganya

Dari segi eksterior, crossover ini memiliki desain modern dan sporty. Bumper depan yang sporty dengan aksen hitam mengkilap di bagian bawah dan gril. Desain lampu depan dengan teknologi LED proyektor dan DRL yang berbentuk huruf ‘C’ mengadopsi teknologi yang sama dengan lampu utamanya.

Aksen warna hitam mengkilap menghiasi bagian pilar pintu, spion dan bawah pintu. Adanya warna hitam tadi menegaskan aksen dual tone pada mobil tersebut.

Pelek menggunakan ukuran 20 inci, desain kipas lima palang dengan finishing two-tone. Pelek ini dibalut ban Continental Premium Contact6 berukuran 255/45 R20.

Bagian atap dan kaca belakang, melandai layaknya sebuah kendaraan model coupe dengan penambahan spoiler berukuran kecil pada pintu bagasi. Lampu belakang berteknologi LED, model desain unik tampak seperti menyambung antara kedua sisi. Aksen hitam mengkilap juga tidak ketinggalan hadir, pada bagian bagasi dan bawah bumper.

Beralih ke interior, desain dasbor terlihat sangat modern dan memanjakan pengemudi. Pada lingkar kemudi dengan dua palang ini menggusung desain flat-bottom, memiliki tombol pengaturan adaptive cruise control di sebelah kiri dan pengaturan audio di sebelah kanan.

Baca juga: Profil KIA Sorento HEV

Untuk bagian instrumen kluster dan head unit ini sama-sama berukuran 12,3 inci. Untuk head unit sendiri memiliki konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto yang tersambung dengan 14 speaker premium dari Meridian. Pada bagian panel tengah, terlihat tuas transmisi model knob putar yang disandingkan dengan tombol EV start/stop, camera 360, auto hold, dan sensor parkir. Adapun dua cup holder dan tempat wireless charging yang cukup besar.

Untuk baris kedua, terlihat ruang kepala yang culup lega meskipun memiliki desain atap yang sedikit landai. Untuk semua kursi sudah dibalut kulit yang dipadukan dengan suede berwarna kombinasi hitam dan putih.

Pada bagian ruang bagasi, EV6 GT-Line memiliki kapasitas sekitar 520 liter. Jika kursi baris kedua dilipat maka kapasitasnya meningkat menjadi 1.300 liter. Soal dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.550 mm. Sementara untuk sumbu rodanya mencapai 2.900 mm dan bobot hingga 2,1 ton.

Baca juga: KIA Boyong 5 Mobil Di GIIAS 202

Untuk fitur sendiri, KIA EV6 GT-Line telah dilengkapi paket fitur keselamatan Advance Driver Assistance System (ADAS) yang termasuk Smart Cruise Control, Lane Folowing Assist, Lane Keeping Assist, Blind-Sport Collision-Avoidance Asisst, Blind-Sport View Monitor, Manual Speed Limit Assist, dan Forward Collision-Avoidance Assist.

Soal performa, EV6 GT-Line dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang diletakan di semua roda. Motor listrik ini memiliki keluaran tenaga hingga 320 dk dengan torsi 605 Nm. Dari hasil tes, KIA EV6 GT-Line dapat berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 5,2 detik saja. Motor listrik ini di dukung oleh paket baterai 77,4 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 506 km.

Untuk harga sendiri, pihak KIA Indonesia memperkirakan harganya mencapai Rp 1,2 miliar. Untuk Sobat yang telah memesan mobil ini pada ajang GIIAS 2022 akan mendapatkan unitnya pada awal tahun 2023 mendatang.