POPULAR STORIES

Profil KIA Sorento HEV

Profil KIA Sorento HEV KIA Sorento HEV di GIIAS 2022 (Foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com ­– PT Kreta Indo Artha (KIA) membawa lima model terbaru di Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS) 2022, salah satunya Kia Sorento HEV.

Setelah beberapa tahun KIA Sorento absen di katalog line-up pasar Indonesia, akhirnya pabrikan mobil Korea Selatan itu meluncurkan Sorento terbaru dengan teknologi Hybrid.

Dari segi tampilan, SUV ini memliki tampilan terbaru yang gagah nan modern. Dari depan, terlihat penggunaan gril tiger nose semakin besar yang dibalut warna hitam glos. Gril tersebut diapit oleh lampu utama LED proyektor dengan DRL LED menyatu dengan lampu sein.

Baca juga: Profil Toyota Hilux GR Sport

Bumper, terlihat cukup gagah dengan aksen hitam mengkilap mengelilingi bagian bumper. Adapun penggunaan lampu kabut LED multireflektor. Serta penggunaan diffuser depan yang mempertegas kesan tangguh.

Pada bagian samping, cladding hitam yang menyambung hingga ke bagian belakang yang membuatnya terlihat gagah. Adapun, aksen satin silver yang melingkari window line serta penggunaan roof rail dan add-on bodi. Pada bagian pelek model multipalang berukuran 19 inci dengan finishing dual-tone ini dibalut ban Continental Premium Contact 6 berukuran 235/55 R19.

Lanjut ke belakang, penggunaan lampu berbentuk garus ini sudah full LED yang terbagi menjadi dua bagian yang menjadi bahasa desain yang khas untuk line-up SUV mereka. Lalu, terlihat penggunaan spoiler kecil yang menyatu dengan pintu bagasi. Adapun, penggunaan add-on bodi di bagian bumper dengan lampu mundur LED.

Beralih ke interior, desain dasbor yang modern dengan ciri khas instrument kluster full LCD dengan head unit yang terlihat menyatu. Pada bagian roda kemudi model tiga palang yang cukup besar ini memiliki tombol adaptive cruise control dan pengaturan MID di sebelah kanan dan pengaturan audio di sebelah kiri. Tidak lupa, terdapat paddle shift yang di belakang setir.

Pada bagian tengah, terdapat layar head unit 10,25 inci yang memiliki konetivitas Apple CarPlay dan Android Auto sebagai standar. Head unit ini tersambung ke 12 speaker premium dari Bose untuk memberikan kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang. Panel AC sudah digital dan memilki fitur auto. Tuas trasnmisi model putar layaknya mobil Eropa dan tersedia fitur pemanas/pendingin jok serta drive mode.

Pada baris kedua, penumpang dimanjakan dengan kursi model captain seat dengan kisi-kisi AC yang terletak di panel tengah. Adapun kursi baris ketiga cukup besar yang dapat menampung penumpang orang dewasa. Tidak lupa, kisi-kisi AC terdapat pada panel kiri dan kanan agar memaksimalkan pendinginan kabin.

Baca juga: Ini Profil Mobil Listrik Wuling Air Ev Yang Melantai Di GIIAS 2022

Pada bagian ruang bagasi, mobil ini memiliki kapastias sekitar 356 liter jika kursi baris ketiga dalam keadaan tegak. Sementara, jika kursi baris ketiga di lipat kapasitas bagasi bisa mencapai 1.274 liter. Soal dimensi, SUV ini memiliki panjang 4,810 mm, lebar 1,900 mm dan tinggi 1,700 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda sekitar 2,815 mm dengan ground clearance sekitar 175 mm.

SUV ini dibekali mesin bensin Smartstream T-Gdi CVVD 4 silinder DOHC segaris berkapasitas 1.600 cc yang memiliki keluaran tenaga 179 dk dengan torsi 264 Nm. Jika dikombinasikan dengan motor listrik bedaya 44 kW dengan baterai 14 kWh, maka tenaga yang dihasilkan mencapai 230 dk dengan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Soal fitur, Sorento sudah dibekali rem ABS, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Camera 360 derajat, Uphill & Downhill Assist Control, dan Vehicle Stability Control System.

Untuk pasar Indonesia, Kia Sorento HEV ini dibanderol sekitar Rp 968 juta.