POPULAR STORIES

Profil - Lexus UX 300e

Profil - Lexus UX 300e

KabarOto.com - Kendaraan hybrid Lexus yakni RX 400h diperkenalkan pada tahun 2005, sejak saat itu, Lexus Indonesia berambisi untuk hadirkan tipe mobil full electric. Hingga kemarin (25/11), pihaknya meluncurkan Lexus UX 300e.

Mobil tersebut memiliki platform Compact Luxury Crossover SUV dengan mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV) yang pertama dari Lexus. Hadirnya Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Para Lexus Takumi yang dipimpin oleh Takashi Watanabe sebagai Chief Engineer, ingin memanfaatkan drivetrain elektrik untuk lebih meningkatkan performa kendaraan di jalan.

Menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54,35 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 dk dan torsi sebesar 300Nm, dengan jarak tempuh 300 km dengan sekali pengisian daya listrik.

Setiap pembelian Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan AC Wall Charger yang dapat dapat dipasang dimanapun sesuai keinginan pelanggan dan sebuah Household Socket Charging Cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Selain mengisi daya di rumah, Lexus UX 300e juga bisa mengisi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT. PLN. Lokasi pengisian daya baterai bisa dilihat di aplikasi CHARGE.IN yang dekat area-area tertentu seperti di mal, parkiran, kantor-kantor PLN, kantor pemerintah, dan lainnya.

Durasi pengisian akan tergantung pada suhu baterai, riwayat penggunaan, pengisi daya, dan voltase listrik. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Lexus, pengisian daya baterai sampai penuh dengan menggunakan Household Socket Charging Cable bisa memakan waktu kurang lebih 24 Jam.

Sedangkan pengisian menggunakan AC Wall Charger yang disediakan oleh Lexus hanya membutuhkan kurang lebih lima sampai enam jam. Apabila pengisian lebih cepat perlu dilakukan, mengisi daya baterai di SPKLU membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit menggunakan DC Fast Charging.

Baca Juga: Resmi Meluncur Di Indonesia, Ini Harga Hyundai Kona Dan Ioniq Electric

Lexus UX 300e dilengkapi dengan berbagai fitur eksterior seperti signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan lampu belakang limitless line berbentuk horizontal agar dinilai atraktif terutama di malam hari. Menunjang kenyamanan, pihaknya juga memasang fitur Power Back Door with Kick Sensor.

Kabin Lexus UX 300e mengusung tema Human-Centered Cockpit yang membuat penempatan jok dan fitur-fitur berkendara terfokus kepada pengemudi dan penumpangnya. Adapun Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai.

Electronic Drive Selector yang terinspirasi dari Lexus LC telah meninggalkan tipe persneling konvensional. Audio switch Lexus UX 300e yang berada pada arm rest juga hadir untuk memudahkan penumpang mengatur sistem entertainment 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10,3 inci Center Display. Sistem tersebut dilengkapi dengan Apple CarPlay™ dan AndroidAuto™.

Lexus UX 300e dilengkapi dengan 8 SRS Airbags untuk keamanan saat mengemudi, Blind Spot Monitor sebagai indicator yang akan menyala di kaca spion untuk sudut yang tidak terlihat, juga Panoramic View Monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan dan All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

Lexus Safety System+ dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan. Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Lexus Indonesia menyediakan 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer yang mencakup baterai. Selain itu, Lexus UX 300e juga akan mendapatkan 5 Years Free Service & Parts tanpa batas kilometer.