Profil MINI Cooper 3-Door Anniversary Edition

Profil MINI Cooper 3-Door Anniversary Edition Foto : Rizky / KabarOto

KabarOto.com – Di GIIAS 2021, MINI Indonesia meluncurkan line-up spesial Anniversary Edition untuk merayakan eksistensi MINI di Tanah Air selama 10 tahun.

Selain itu, MINI Anniversary Edition hadir sebagai penghormatan kepada mendiang legenda balap John Cooper yang sangat mempengaruhi sejarah Motorsport MINI pada tahun 1960-an. Nuansa sejarah MINI dapat ditemukan baik pada eksterior maupun interior Cooper 3-Door Anniversary Edition ini.

Baca juga: Ini Promo Dan Program BMW Indonesia Di GIIAS 2021

“Ajang GIIAS 2021 menjadi momen istimewa karena tahun ini adalah 10 tahun MINI Indonesia berdiri, maka itu kami merayakan dengan kehadiran lini The MINI Anniversary Edition pada hari kedua GIIAS 2021 yang juga merupakan penghormatan kami kepada sosok mendiang John Cooper”, ungkap Kidd Yam selaku Head of MINI Indonesia.

Secara tampilan, ada perbedaan dengan Cooper 3-Door ini dengan model biasa. Pasalnya, varian edisi sepsial ini sudah dilengkapi dengan paket John Cooper Works (JCW) Aerodynamic Kit. Dibalur dengan warna Midnight Black Mettalic.

Pada bagian samping, terlihat ada stiker dengan angka 74 pad abagian dua pintu depan yang menandakan awal karir motorsport saat Mini Cooper memenangkan kelas pertamanya.

Serta, ada emblem “COOPER” yang dapat ditemukan di door sill, side scuttles, dan pilar C. Tidak lupa, ada beberapa aksen warna putih pada bagian atap, handle pintu, dan spion.

Pada bagian kaki-kaki, penggunaan pelek model Track Spoke ukuran 17 inci dengan finishing warna hitam. Pelek ini dibalut ban Goodyear Eagle (run-flat tyre) dengan ukuran 205/45 R17.

Pada bagian belakang, perbedaannya terdapat aksen putih yang melingkari lampu belakang. Serta, penggunaan bumper khas model JCW dengan diffuser warna plastik dipadu warna bodi. Pada bagian bumper ini, terdapat ada empat titik sensor parkir.

Baca juga: Terjual Sebelum Meluncur Di GIIAS 2021, BMW M4 Competition X KITH Dijual Hampir Rp3 Miliar

Masuk ke interior, nuansa sporty langsung terlihat dengan dasbor didominasi warna hitam. Tidak lupa, terdapat beberapa sentuhan Anniversary Edition. Seperti tanda tangan John Mike dan Charlie Cooper di samping instrument kluster. Tidak lupa, terdapat logo Cooper yang terdapat di lingkar kemudi yang sudah dibalur Nappa Leather.

Pada bagian jok, menggunakan trim JCW yang sporty dengan aksen jahitan merah ini sangat nyaman saat di duduki. Pada bagian tengah, terdapat head unit berbentuk bulat ini sudah mampu terkoneksi smartphone secara wireless, dan Apple CarPlay saja.

Tidak lupa, sudah dilengkapi MINI Navigation Sytem. Lalu, pada bagian panel AC model bulat ini sudah digital. Di bawahnya, terdapat beberapa tombol layaknya mobil balap untuk menyalakan atau mematikan mesin, mode berkendara, auto start/stop, dan vehicle stability control.

Lalu, terdapat tuas transmisi yang modelnya sangat sporty dipadu dengan tombol shortcut navigasi dan pengaturan head unit lainnya. Untuk ruang bagasi, Cooper 3-Door ini memiliki kapasitas sekitar 211 liter.

Secara dimensi, MINI Cooper 3-Door ini memiliki (PxLxT) 3,876 mm, 1,727 mm, 1,414 mm. Dengan wheelbase 2,495 mm dan bobot sekitar 1,250 kg.

Baca juga: BMW Astra Fest Hadir Berdampingan Dengan GIIAS 2021, Gratis Uji Emisi

Bicara soal performa, mobil ini dibekali mesin 1.498 cc Twin-powerturbo yang mampu menghasilkan tenaga 136 dk di 4.500 rpm dengan torsi 220 Nm di 1,480 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis kopling ganda Steptronic 7 percepatan.

Dalam keadaan standar, varian ini sudah mendapatkan fitur Comfort Package yaitu Driver Assistance Package, Driving Assistance, Park Distance Control (PDC) dan Runflat Tyres.

Bicara soal harga, pihak MINI Indonesai menjual Cooper 3-Door Anniversary Edition ini dengan harga sekitar Rp 735 jutaan dan hanya tersedia dalam beberapa unit saja. Jadi bagaimana Sob, tertarik untuk memilikinya?