Profil - MINI John Cooper Works GP 2020

Profil - MINI John Cooper Works GP 2020

KabarOto.com – BMW Group Indonesia menambah pilihan mobil edisi terbatas yang mengaspal di Indonesia, yakni MINI John Cooper Works GP 2020. Bukan hanya terbatas, mobil ini juga menjadi produk yang paling kencang sepanjang sejarah produsen mobil asal Inggris tersebut.

MINI JCW GP 2020 hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit secara global. Indonesia sendiri mendapatkan jatah sebanyak 12 unit, lebih banyak dibandingkan dengan Singapura yang hanya mendapatkan jatah hanya 8 unit saja.

JCW GP juga menjadi produk ketiga MINI yang diluncurkan secara terbatas di Tanah Air setelah Countryman Blackheath Edition dan Cooper S GT Edition.

Baca Juga : Modifikasi Mitsubishi Xpander Dengan Komponen Lancer Evolution

Sebagai mobil MINI paling kencang, JCW GP 2020 dipersenjatai mesin 4 silinder DOHC Turbo berkapasitas 2.000 cc, mampu menghasilkan tenaga 306 dk dan torsi 450 Nm. Sebenarnya angka output tersebut sama dengan performa mesin versi terbaru MINI JCW, hanya saja edisi terbatas JCW GP bisa melesat lebih cepat karena adanya pengurangan bobot.

Sebagai bukti, mesin berpenggerak roda depan melalui gearbox otomatis Sports Steptronic 8 percepatan, mampu melesat 0-100 kpj dalam waktu 5,2 detik.

Performa mesin yang ganas diperkuat dengan tampilan eksterior yang agresif. Peningkatan aerodinamika ditekankan oleh MINI dalam upgrade performa dan eksterior. JCW GP hanya tersedia dengan warna Racing Grey Metallic yang disertai aksen merah khas JCW.

Edisi terbatas JCW GP memiliki panel bodi berbahan serat karbon, dihiasi oleh nomor seri di setiap unitnya, dari 0001 sampai dengan 3.000 sesuai jumlah produksi. Jadi setiap unit JCW GP memiliki tanda nomor seri yang berbeda.

Sektor kaki-kaki mengandalkan pelek 18 inci, model JCW GP Spoke. Dibalut ban spek performa untuk maksimalkan manuver. Di balik pelek dengan jarak palang yang lebar, terekspos rem cakram dengan kaliper merah berlogo JCW.

Aura balap ikut merasuki sisi interior untuk tunjukkan totalitas. Perubahan paling beda adalah MINI pertama kalinya memasang GP Digital Instrument Cluster. Layar digital penuh menghuni di balik setir.

Berbalut material kulit, lingkar kemudi pada JCW GP dilengkapi paddle shift dengan ukuran lebih besar. Uniknya, paddle shift terbuat dari cetakan 3D, yang memiliki bobot lebih minim. Material sama juga digunakan untuk penanda di arah jam 12 pada setir.

Sebagai mobil dengan performa kencang, MINI JCW GP 2020 didukung oleh fitur ABS dan EBD sebagai standar, disertai Dynamic Stability Control (DSC) dengan Automatic Stability Control (ASC+T). Cornering Brake Control tidak ketinggalan hadir untuk manvuer terbaik tanpa kehilangan kendali.

Khusus JCW GP disediakan mode mengemudi GP Mode, yang aktivasinya dilakukan via tombol DSC. GP Mode akan memungkinkan mobil digeber lebih maksimal, namun tetap dengan tingkat keselamatan memadai.

Terakhir, MINI John Cooper Works GP 2020 memiliki banderol Rp 1,5 miliar (off the road).