Profil Mitsubishi Fuso ECanter

Profil Mitsubishi Fuso eCanter Mitsubishi Fuso eCanter (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menghadirkan Mitsubishi Fuso eCanter pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Sebagai informasi, Fuso eCanter diperkenalkan di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 lalu. Di mana, truk listrik ini telah diproduksi secara massal dan dipasarkan di berbagai belahan dunia seperti Jepang, Amerika Serikat, dan beberapa negara Eropa.

Tampilan depan Fuso eCanter ini tak jauh berbeda dari truk fuso pada umumnya. Namun truk listrik ini memiliki detail yang membuatnya lebih berkesan futuristis, yakni tulisan ‘Fuso’ di balik akrilik transparan yang membuatnya lebih terkesan modern.

Tampilan samping Fuso eCanter

Truk listrik ini memiliki wind deflector atau jambul dengan model baru yang diklaim mempunyai tiga kegunaan yaitu memperbaiki nilai coefficient of drag aerodinamika, mempercantik tampilan dan menghalau kabel agar tidak tersangkut di boksnya.

Baca Juga : Dimulai Dari Bekasi, Ini Jadwal Perkenalan Mitsubishi L300 Anyar Di 25 Kota Lainnya

Meskipun tidak diizinkan masuk ke area kabin, interior Fuso eCanter terlihat memiliki nuansa gelap dengan fitur AC yang dilengkapi automatic climate control, headlamp dengan fungsi manual leveling, head unit touchscreen dan ada tombol start stop button serta slot untuk memasukkan anak kunci. Pada roda kemudinya sudah terdapat SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan frontal.

Posisi duduk Fuso eCanter diklaim lebih baik dibandingkan truk-truk lainnya, di mana setir bisa diatur tilt and telescopic dan sudah terdapat hand rest yang membuat menyetir menjadi lebih rileks.

Wind deflector pada Fuso eCanter

Soal performa, Fuso eCanter menggunakan motor listrik berjenis AC Synchronous Electric Motor. Motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga 180 dk dan torsi maksimum 380 Nm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke inverter transmisi otomatis single gear reduction dan diteruskan via kopel ke roda belakang. Selain itu, truk listrik ini memiliki tiga buah radiator yang masing-masing bertugas mendinginkan motor listrik, inverter, dan baterainya.

Baca Juga : Laku 7.735 Mobil, Penjualan Mitsubishi Bulan Juni 2022 Merangkak Naik

Kapasitas baterai dari Mitsubishi Fuso eCanter ini totalnya adalah 82 kWh yang tersebar pada 6 buah baterai pack. Mitsubishi mengklaim 66 kWh-nya dapat digunakan untuk melajukan truk ini sejauh 100 kilometer dalam satu kali pengecasan. Jarak 100 kilometer itu didapat dari asumsi jika muatan terisi mencapai 75% dari rekomendasi pabrikan.

Tampilan belakang

Kapasitas muatan maksimum truk listrik ini adalah 4 ton berarti 75% nya sekitar 3 ton. Baterai yang digunakan oleh truk listrik ini berjenis Lithium-ion battery pack hasil kolaborasi dengan Mercedes-Benz dengan tegangan listrik 360 volt.

Soal fitur keselamatan, keempat roda Fuso eCanter ini telah disematkan dengan empat buah cakram pada roda depan dan belakang serta dilengkapi dengan fungsi ABS & EBD dengan Two Stage Regenerative, anti-lock braking system, electronic stability program agar kendaraa tetap stabil, serta sistem lane departure warning agar kendaraan tetap dalam jalur.