Profil New Citroen E-C4 Electric

Profil New Citroen e-C4 Electric Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Citroen hadir di Indonesia dengan gebrakan baru, tidak hanya mobil ICE yang dibawa ke Tanah Air. Namun mobil elektrifikasi andalan pabrikan Prancis itu juga diperkenalkan, yakni e-C4 Electric walau baru dijual tahun depan.

Dimensi e-C4 punya panjang total 4.355 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.520 mm, dan jarak sumbu roda 2.670 mm dengan berat total sekitar 2.000 kg. Kapasitas bagasinya pun cukup luas sekitar 380 liter.

Tampilan e-C4 cukup sporty dan unik ketimbang mobil listrik kebanyakan yang mengaplikasikan desain futuristik. Mempertahankan garis bodi dinamis, dengan model gril menyatu hingga ke bagian DRL LED dan lampu utama. Tampilan lampu utamanya pun sporty, menggunakan teknologi LED reflektor disebut Citroen LED Vision.

Terdapat tambahan foglamp dengan aksen cover foglamp diwarnai biru agar tampak lebih futuristik. Lalu kesan crossover tampak kental dari penggunaan over fender yang mengelilingi bodi mobil ini.

Baca Juga : Profil Citroen C5 Aircross

Lalu dari tampilan samping, cukup sporty dengan garis bodi mengalir dan bagian belakang hatchback. Model peleknya menggunakan desain palang 4, finishing dual tone black polish, dibalut ban Michelin e Primacy ukuran 195/60 R18.

Di balik rem ada sistem pengereman sudah andalkan cakram baik di bagian depan dan belakang. Sementara sistem suspensinya di bagian depan pakai model MacPherson, dan belakang model Twist Beam dengan sistem Progressive Hydraulic Cushions di dalamnya yang membuat mobil ini jauh lebih nyaman.

Di bagian belakang, terdapat spoiler seperti ducktail, dengan gril hitamnya menyatu ke bagian stoplamp-nya yang sudah menggunakan teknologi LED. Desain gagah dilengkapi dari bagian diffuser belakang, dengan ornamen semacam dual knalpot.

Mobil listrik berbasis baterai ini memiliki kapasitas 50 kWh dengan tenaga sekitar 136 dk dan torsi 300 Nm. Disambung ke transmisi CVT single speed, menciptakan akselerasi sekitar 9 detik untuk menyentuh 100 kpj, dan kecepatan maksimalnya 150 kpj.

Sementara mobil ini dapat menempuh jarak sekitar 350 km dalam sekali pengecasan. Dengan waktu pengisian sekitar 7,5 jam dalam daya biasa, dan 25 menit dengan mengisian cepat.

Mengakses ke kabinnya, kita akan disuguhkan tampilan warna perpaduan hitam dan abu-abu. Dibalut dengan bahan perpaduan kulit dan alcantara, sehingga terkesan mewah. Posisi mengemudi juga ergonomis, karena jok sudah elektrik berikut memory seat, sementara setir sudah bisa tilt dan teleskopik walau masih manual.

Genggaman setir juga nyaman, apalagi modelnya sporty dengan model flat bottom. Pengaturan audio steering dan cruise control dapat diatur melalui setir. Sementara layar spidometer menggunakan layar TFT ukuran 5 inci yang informatif.

Baca Juga : Profil Citroen My Ami Buggy

Sementara bagian layar media menggunakan ukuran 10 inci dengan koneksi Android Auto dan Apple Carplay sudah terintegrasi. Lalu panel AC dual zone masih model tombol fisik, sehingga lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Serta di konsol tengah ada tempat wireless charging, dan soket type C. Lalu dilanjutkan dengan tombol di bagian panel tengah untuk mengubah mode berkendara, tombol perpindahan transmisi, dan rem parkir. Disediakan juga 2 buah cup holder tengah dan ruang penyimpanan di konsol tengah.

Duduk di bagian baris kedua cukup nyaman. Tersedia headrest di masing-masing posisi, arm rest tengah, ruang kaki dan kepala cukup lega untuk postur 170 cm. Serta sudah ada AC belakang dan soket pengisian, walau ruang penyimpanan seperti cup holder cukup kecil di doortrim. Kesan lega juga didapat karena ukuran sunroof yang cukup besar.

e-C4 dibekali fitur keselamatan aktif Advanced Driver Assistance System (ADAS) seperti Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control, Blind Spot Monitoring, serta Collision Mitigation Braking System, Traffic Sign Recognition dan Driver Attention Alert. Sementara fitur lain seperti airbag 6 titik, rem ABS, EBD, dan VSC sudah ada sebagai standar.

Dengan banderol Rp 1,196 miliaran kalian sudah mendapat mobil listrik bergaya Eropa. Walau Citroen dikabarkan baru mendatangkan mobil ini pada bulan Maret atau April 2023 mendatang.