Profil - New Daihatsu Ayla

Profil - New Daihatsu Ayla New Daihatsu Ayla (Deni/KO)

KabarOto.com - Daihatsu Indonesia terbilang cukup sukses melahirkan produk yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC), yakni Daihatsu Ayla. Di mana mobil yang meluncur sejak tahun 2013 itu, nyatanya mampu berkontribusi besar bagi penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di pasar domestik. Seiring dengan berjalannya waktu, Daihatsu pun melakukan penyegaran bagi mobil bertubuh mungilnya itu di tahun 2017 lalu, untuk menjawab kebutuhan pasar otomotif Tanah Air.

Tampilan New Daihatsu Ayla kini lebih modern, serta dilengkapi dengan sejumlah fitur baru yang membuatnya semakin menawan. Di sisi lain, Daihatsu Ayla terbaru juga mengusung mesin baru berkonfigurasi 1.2 liter yang juga digunakan oleh saudara sedarahnya, Daihatsu Sigra.

Lalu seperti apa sosok Daihatsu Ayla? Berikut profil lengkapnya:

New Daihatsu Ayla

Eksterior

New Daihatsu Ayla kini mengusung tampilan yang lebih segar, jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Saudara kembar Toyota Agya ini mengusung lampu depan baru, dan sudah dilengkapi dengan lampu LED DRL yang letaknya dibuat terpisah dibagian depan. Bagian belakang juga dilengkapi dengan lampu rem jenis LED yang akan membentuk pola L, ketika pedal rem diinjak.

Daihatsu Ayla baru telah menggunakan bumper depan baru dengan aerokit untuk menunjang tampilan lebih sporty dan dinamis dengan bentuk body yang lebih tegas. Daihatsu menghadirkan gril depan dengan ornamen yang khas untuk varian 1.2 R. Selain itu, untuk tipe tertinggi juga telah dilengkapi dengan fog lamp bezel beraksen krom.

Baca juga: Profil - Daihatsu Sigra

Nah.. yang membedakan dengan varian terendah adalah dari sisi pelek alloy berukuran 14 inci dengan black painted pada varian 1.2 R. Selain itu, untuk varian ini juga tersedia window list yang juga mendapatkan aksen krom.

Pada bagian belakang Daihatsu Ayla juga terdapat aerokit pada bumper untuk menunjang tampilan semakin sporty. Sejumlah aksen krom dan juga reflektor yang terlihat menghiasi varian 1.2 R di bagian belakangnya. Tak lupa mobil ini juga dilengkapi dengan spoiler belakang dengan HMSL (High Mount Stop Lamp) yang sudah dilengkapi LED.

Dasbor New Daihatsu Ayla

Interior

Masuk ke dalam kabin, New Daihatsu Ayla hadir desain dual-tone dan aksen krom pada bagian tengah. Sejumlah fitur pun telah disematkan di mobil ini, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah hadirnya head unit 2 DIN Touchscreen Audio yang bisa digunakan untuk memutar CD, MP3, DVD, serta Radio dengan tambahan fitur USB dan Bluetooth.

Untuk varian 1.2 R, lingkar kemudi mendapatkan sentuhan warna hitam dengan dengan aksen krom pada bagian bawah. Setir pun telah dilengkapi dengan Control Steering Switch untuk menunjang keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.

Mobil ini juga menyajikan banyak ruang penyimpanan, seperti yang berada di konsol tengah untuk meletakkan smartphone, dompet atau tisu untuk menjaga kebersihan di dalam mobil.

Mesin 1.2L New Daihatsu Ayla

Mesin

New Daihatsu Ayla ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.0 liter dan 1.2 liter. Pada mesin 1.0 liter 3-silinder 1KR-DE DOHC, mampu menghasilkan tenaga 64 dk dengan torsi sebesar 85 Nm. Sementara untuk 1.2 liter menggunakan mesin bertipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i dengan empat buah silinder segaris berkapasitas 1.197 cc yang mampu mengeluarkan hingga 88 dk dengan torsi 108 Nm.

Baca juga: Profil - All New Daihatsu Terios

Kedua mesin itu disalurkan melalui dua pilihan transmisi yakni 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis. Baik mesin 1.0 liter maupun 1.2 liter menjanjikan konsumsi bahan bakar yang ekonomis alias irit lohh!

Untuk diketahui, New Daihatsu Ayla ditawarkan dengan banderol Rp 98,15 hingga Rp 147,85 Juta. Mobil ini dipasarkan dalam 6 warna yang berbeda seperti Black, White, Silver Metallic, Red Metallic, Orange Metallic and Steel Grey Metallic

Berikut spesifikasi lengkapnya:

Mesin 1.0 liter 3-silinder 1KR-DE DOHC dan 1.2 liter 3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i
Tenaga 64 dk dan 88 dk
Torsi 85 Nm dan 108 Nm
P x L x T 3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm
Wheelbase 2.450 mm
Ground Clearance 180 mm
Transmisi 5 Percepatan Manual dan 4 Percepatan Otomatis
Suspensi Mac Pherson Strut dan Semi Independent Torsion Axle Beam
Rem Ventilated Disc dan Tromol
Ban 175/65 R14