POPULAR STORIES

Profil New Suzuki Ignis

Profil New Suzuki Ignis Foto : Sigit (Kabaroto)

KabarOto.com – Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperbarui tampilan Suzuki Ignis tahun 2020 lalu. Produk yang disebut Urban SUV ini kini tampil lebih sporti.

Edisi pertama Suzuki Ignis ditawarkan dalam 3 varian, yakni GL, GL Suzuki Sport dan GX. Secara umum perbedaannya hanya berada di aksesoris saja, contoh pada eksterior untuk tipe GL tidak lengkapi roof rail, roof rail, foglamp dan headlamp belum projector LED, serta minim aksen krom. Sedangkan, varian GL Suzuki Sport hanya ada tambahan body kit, decal stiker dan spoiler yang membuatnya lebih sporti.

Sementara itu, untuk Suzuki Ignis tipe GX bagian eksteriornya sudah dilengkapi roof rail, foglamp, dan headlamp projector LED. Tak terkecuali untuk Ignis terbaru ini, ubahan paling jelas terlihat pada bumper depan yang kini makin sporti dengan aksen silver dan guard diffuser berwarna silver. Bezel foglamp juga makin sporty karena bentuknya lebih besar dari Ignis sebelum facelift. Sayangnya lampu kabut ini belum menganut bohlam LED.

Baca juga: Suzuki Ertiga Terbaru Segera Meluncur, Booking Fee Mulai Rp5 Jutaan

Pada bagian samping, Suzuki Ignis menggunakan pelek berukuran 15 inci berwarna hitam. Di belakang, terdapat bumper yang lebih elegan namun tetap sporti, dengan desain mata kucing yang bentuknya lebih pipih dan meninggi. Desain itu berpadu pas dengan aksen silver di bagian tengah bumper, wiper, defogger dan sepasang sensor parkir.

Masuk ke dalam kabin, Suzuki Ignis memiliki desain futuristis, head unit layar sentuh, pengaturan AC digital climate control dan tombol pengatur audio di setir. Jok pengemudi dan penumpang menggunakan motif kotak-kotak. Sayangnya, untuk kursi belakang baik tipe GX maupun GL tidak semua penumpang mendapat kursi yang dilengkapi dengan headrest.

Suzuki Ignis memiliki ukuran panjang 3,7 meter, dengan kapasitas bagasinya mencapai 260 liter. Jika masih kurang, Anda dapat melipat kursi penumpang belakang dengan mode pelipatan 60:40 untuk mengangkut barang yang lebih besar.

Baca juga: Biaya Perawatan Terjangkau, All New Suzuki Ertiga Punya Nilai Harga Jual Tinggi

Selain itu, Suzuki Ignis dilengkapi dengan layar Multi Information Display (MID) yang lengkap. meskipun kualitas layar LCD yang digunakan belum full pixel, namun informasi yang disajikan cukup lengkap. Dari mulai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, jam, suhu luar kendaraan, sisa jarak tempuh yang dapat dilewati berdasarkan sisa BBM di tangki, posisi gear, odometer, dan tripmeter A dan B.

Dengan adanya fitur start-stop engine dan smart entry, kunci hanya perlu dikantongi saja, dan tekan tombol pada gagang pintu untuk proses membuka dan mengunci pintu. Khusus untuk Suzuki Ignis 2020 tipe GX, sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital dengan fungsi climate control.

Soal performa, Suzuki Ignis dibekali mesin 4-silinder berkapasitas 1.200 cc dengan kode K12M. Mesin ini bertenaga 81 dk dan torsi 113 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dapat disalurkan ke dua pilihan transmisi yakni manual 5-percepatan atau Auto Gear Shift (AGS).

Terakhir soal harga, Suzuki Ignis dibanderol mulai dari Rp 183.500.000 hingga Rp 213.400.000.