POPULAR STORIES

Profil New Suzuki XL7 Hybrid Alpha AT, Tambah Jajaran Kendaraan Berteknologi Smart Hybrid

Profil New Suzuki XL7 Hybrid Alpha AT, Tambah Jajaran Kendaraan Berteknologi Smart Hybrid Foto: KabarOto

KabarOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendukung pemerintah memasuki era kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan minim kadar emisi CO2, pada akhirnya menambah lagi jajaran produk kendaraan berteknologi Smart Hybrid. New Suzuki XL7 Hybrid hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang berteknologi modern dan ramah lingkungan.

Suzuki telah secara resmi meluncurkan produk SUV Hybrid terbaru yaitu New XL7 Hybrid pada 15 Juni 2023 di Senayan Park, Jakarta Pusat, mengusung tagline “New Energy to Move Further”, hadir dengan sejumlah pembaruan baik di sisi teknologi maupun fitur yang dilengkapi dengan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Fitur yang hadir untuk memberi dampak pada pengurangan emisi gas buang serta efisiensi penggunaan bahan bakar. Selain pembaruan pada penggunaan teknologi yang disematkan, New XL7 Hybrid memiliki perubahan pada fitur yang dimiliki, bagian eksterior, hingga interiornya.

Baca juga: All New Suzuki Ertiga Hybrid, Simak Ubahannya

Penempatan baterai hybrid di bawah jok penumpang depan

Tidak banyak perubahan tampilan eksterior maupun interior pada New Suzuki XL7 Hybrid, yang tengah KabarOto ulas adalah Alpha AT yang merupakan tipe tertinggi dari New Suzuki XL7 Hybrid.

Memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 dan sumbu roda 2.740 mm, sementara untuk ground clearance atau jarak pijaknya adalah 200 mm. Cukup tinggi untuk menjelajah jalanan di Indonesia yang beragam konturnya.

Untuk varian tertingginya, kini menggunakan pelek ukuran 16 inci yang dilabur warna hitam dengan ban 195/60 R16. Warna bodi kendaraan tetap mengusung konsep dual tone, tipe Alpha menampilkan hero colour-nya yaitu savanna ivory - black. Kemudian bagian gril kini mengandalkan tampilan gelap, dengan model black chrome terlihat lebih gagah, hanya pada varian Zeta bagian gril menggunakan aksen krom.

Masih bagian eksterior, aksen add-on bodi berwarna hitam ini menyambung dari bumper depan hingga belakang. Pada bagian handle pintu menggunakan krom, dan penggunaan warna dual-tone pada bagian atap dengan roof rack. Pada bagian kaki-kaki, perpaduan suspensi McPherson strut dengan Coil Spring bagian depan dan Torsion Beam dengan Coil Spring untuk bagian belakang.

Lampu depan mengandalkan teknologi LED multireflektor dengan DRL, sayangnya lampu sein masih bohlam biasa. Untuk garnish bumper depan dan belakang, mengadopsi aksen abu-abu.

Model barunya kini menggendong pelek model multi palang dengan warna hitam

Masuk ke interior, terlihat penggunaan jok kulit. Dasbor modern dan door trim beraksen karbon, sementara spidometer berdesain bulat, head unit memiliki kemampuan multimedia dengan bagian layar 8" berteknologi touch screen.

Pada bagian roda kemudi hadir dengan model dua palang ini sudah dilapisi kulit. Pada bagian kiri terdapat tombol pengaturan audio berikut dengan angkat telepon jika smartphone tersambung dengan head unit.

Kini terdapat fitur Cruise Control, dengan tombol pengaturan di sebelah kanan roda kemudi. Untuk spion dalam, dilengkapi teknologi touchscreen dengan kemampuan 2 layar, yaitu pantauan ke depan dan belakang kendaraan.

XL7 Alpha dilengkapi akses USB port yang bisa berfungsi sebagai charger baterai telpon genggam mulai dari baris depan hingga bangku baris ketiga. Sebagai penyejuk ruangan terdapat AC dengan tombol digital dan memiliki fitur auto climate.

Khusus untuk kendaraan bertransmisi manual, dilengkapi Gear Shift Indicator. Sementara, pilihan warnanya adalah Savanna Ivory – Black, Sunrise Orange – Black, White – Black dan Cool Black

Baca juga: Impresi All New Suzuki Ertiga Hybrid

Kini dilengkapi Cruise Control

Fitur keselamatan disematkan Electronic Stability Programme (ESP), rem dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS), Hill Hold Control, EBD, dan dual airbag menjadi perlengkapan standar di varian Alpha. Sedangkan fitur keamanannya ada Rear Parking Sensors, Immobilizer dan Security Alarm.

Kualitas struktur bodi TECT yang ringan dan kokoh, mampu meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan, sehingga keselamatan penumpang tetap terjaga.

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin K15B 4 silinder DOHC berkapasitas 1.462 cc. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 104,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Transmisinya mengandalkan model otomatis dengan 4 percepatan, sementara penggerak roda depan menjadi andalannya.

Kinerja mesinnya ditopang teknologi SHVS, merupakan teknologi mesin mild hybrid yang telah dikembangkan Suzuki secara global. Teknologi ini dibuat untuk sistem penggerak mesin dan telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional yang mampu memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Baterai Lithium-Ion 10Ah yang tersimpan di bawah jok penumpang depan, dibuat untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG dan akan digunakan saat mesin membutuhkan tenaga tambahan.

Adanya teknologi SHVS pada XL7 Hybrid ini diklaim memberikan efek efisiensi bahan bakar, ringan, dan kompak sehingga merupakan sistem yang ideal untuk mobil-mobil kompak.

"New XL7 Hybrid hadir sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, dan ini sudah melalui survey akan kebutuhan konsumen terhadap kendaraannya," pungkas Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS, saat peluncuran New XL7 Hybrid di Senayan Park (15/06).